Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa

Nerru Pranuta Murnaka, Rika Itho Manalu

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan pemahaman konseptual matematika dari siswa yang diberi model pembelajaran STAD lebih tinggi daripada siswa yang diberi pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yaitu quasi eksperimental tipe non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah 95 siswa kelas VII di SMP Negeri Nusa Jaya Tangerang yang terbagi menjadi tiga kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling dan terpilih kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis terdiri dari 5 esai dan lembar observasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t ekuivalen. Pada penelitian ini, disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman konseptual matematika dari siswa yang diberi model pembelajaran STAD lebih tinggi daripada siswa yang diberi pembelajaran konvensional.

Kata Kunci


Pemahaman konsep matematis; model pembelajaran STAD

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anita & Sinaga, B. (2016). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Siswa SMP Swasta Trisakti 2 Medan. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1–9.

Depdiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Lampiran: Standar Keterampilan dan Keterampilan Dasar Mata Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Depdikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No.58 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Gravetter, F. J. & Forzano, L.-A. (2012). Research Methods for the Behavioral Sciences: 4th Edition. USA: Wadsworth Publishing.

Isjoni. (2013). Cooperative Learning: Mengembangkan Kemampuan Belajar Berkelompok. Bandung: Alfabeta.

Jihad, A. & Haris, A. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Bantulg: Multi Pressindo.

Kilpatrick, J., Jane, & Findell, B. (2001). Adding It Up: Helping Children Learn Mathematics. Washington: National Academy Press.

Marx, J. & Cummings, K. (2007). Normalize Change. American Journalof Physics, 75(1), 86–91.

Nugrawati, U., Nuryakin, N., & Afrilianto, M. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Pada Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa MTs di Kota Cimahi Dengan Materi Segitiga dan Segiempat. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 1(2), 63-68.

Prihandoko, A. C. (2005). Memahami Konsep Matematika Secara Benardan Menyajikannya dengan Menarik. Jember: Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Rusman, D..(2012). Model-Model Pembelajaran. Raja Grafindo, Jakarta.

Sariningsih, R. (2014). Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP. Jurnal Infinity, 3(2), 150–163.

Sheskin, D. J. (2004). Handbook of Parametric and Non Parametric Statistical Procedures: 3rd Edition. Boca Raton: Chapman Hall/CRC.

Slavin, R. E. (2015). Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Suherman, E., Turmudi, Suryadi, D., Herman, T., Suhendra, Prabawanto, S.Rohayati, A. (2003). Common Textbook: Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: FMIPA UPI.

Widodo, S. A. (2014). Ekperimentasi Pembelajaran CPS Ditinjau Dari Kemampuan Awal Terhadap Prestasi Belajar Interpolasi. Jurnal Pendidikan Progresif, 4(1).

Weiss, N. A. (2012). Elementary Statistics: 8th Edition. Boston: Pearson Education Inc.

Yenni & Komalasari, R. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Kemampuan Pemahaman dan Koneksi Matematis Siswa SMP. Jurnal Kalamatika, 1(1), 71–83.

Yulanda, N., Mukhni, & Fauzan, A. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII SMPN 3 Padang. Jurnal Berkala Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 61–67.




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/union.v6i3.2658

Article Metrics

Sari view : 155 times
PDF - 83 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Lihat Statistik