Peningkatan Kreativitas Pemecahan Masalah melalui Metode Team Product pada Mahasiswa PGSD Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Lilis Diah Kusumawati, Christina Ismaniati, Trisniawati Trisniawati

Sari


The purpose of this study is to improve the creativity of problem solving through the method of team product on the 2nd grade students Prodi S1 PGSD University Sarjanawiyata Tamansiswa (UST). Classroom action research is conducted in two cycles, and each cycle has two meetings with planning, action, observation and reflection. Data collection using test and nontest techniques. Data were analyzed using quantitative and qualitative descriptive statistical analysis. The results showed that compared with pretest result before using team product method and after use of team product method, there is an increase of learning result from pretest to posttest of cycle I as much as 4% then increase 4% again in cycle II. Overall for the average pretest is 70.5 then the posttest average value after the action done on the first cycle that is equal to 75.1 and continues to increase to 78.8 in cycle II.

Kata Kunci


creativity, problem solving, team product

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afifah, D.S.N. 2012. Interaksi Belajar Matematika Siswa Dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 1(2), 145-152. http//doi.org/10.21070/pedagogia.v1i2.37

Angriani, A.D., Bernard., Nur, R., & Nurjawahirah. 2016. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah melalui Pembelajaran Kooperatif Think-Talk-Write pada Peserta Didik Kelas VIII MTsN Model Makassar. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 4(1),11-28. http//doi.org/10.24252/mapan.2016v4n1a2

Arnidha, Y. 2016. Peningkatan Kemampuan Representasi MAtematis melalui Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share. Jurnal E-DuMath, 2(1). http//doi.org/10.26638/je.166.2064

Astriyani, A. 2016. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik dengan Penerapan Model Pembelajaran Problem Possing. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 2(1), 23-30. http//doi.org/10.24853/fbc.2.1.23-30

Erawati, C. 2013. Pengembangan Model Bimbingan Kelompok dengan Teknik Game untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 2(2). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jubk/article/view/2726

Hamzah., B & Nurdin. 2011. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: PT Bumi Aksara

Hasmalena, H., & Rantina, M. (2017). Impelementasi Cerita Rakyat melalui Mata Kuliah Pendidikan Seni Tari Usia Dini untuk Meningkatkan Kreativitas Pada Mahasiswa PG-PAUD FKIP UNSRI. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 81-85.

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Huda, M. 2014. Cooperative Learning: Metode, Teknik, Struktur dan Metode Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Komalasari, K. 2010. Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Krisdiana, I. 2013. Efektivitas Model STAD (Student Team Achievment Division) terhadap Prestasi Belajar Statistika Dasar ditinjau dari Aktivitas Belajar Mahasiswa pada Pokok Bahasan Distribusi Peluang Diskrit. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1). http//doi.org/10.25273/jipm.v2i1.502

Marwa, M. 2017. Metode Pembelajaran Terpadu untuk Mingkatkan Kreativas Verbal Dan Figural Pada Siswa Kelas Enam di SDN 2 Kenayang Tulungagung. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 2(2), 212-240. Retrieved from

Mursiti,S., Wahyukaeni, T., & Sudarmin. 2011. Pembelajaran dengan Pendekatan Chemo-Enterpreneurship dan PEnggunaan Game Simulation sebagai Media Chemo-Edutainment untuk Meningkatkan Hasil Belajar, Kreativitas, dan Life Skill.

Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 2(2). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/view/1250/1304

Nakin, J.B.N. 2003. Creativity and Divergent Thinking In Geometry Education. Disertasi University of South Africa. [online] Tersedia: http://uir.unisa.ac.za/bitstream/handle/10500/1261/?sequence.

Rahmadani, Y., Tayeb, T.. & Baharuddin. 2018. Modul Matematika Berbasis Model Kooperatif Tipe STAD dengan Metode Penemuan Terbimbing pada Pokok Bahasan Teorema Phytagoras. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan,21(1), 23-32. http//doi.org/10.24252/lp.2018v21n1i3

Republik Indonesia. 2005. Undang-Undang RI Nomor 14, Tahun 2005, tentang Guru dan Dosen.

Robins & Judge. 2008. Perilaku Organisasi Buku 2. Jakarta: Salemba

Sulastri, E., Mariani, S., & Mashuri. 2015. Studi Perbedaan Keefektifan Pembelajaran LC-5E dan CIRC terhadap Kemampuan Pemecahan /masalah Matematika.

Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(1), 26-33. doi:http//dx.doi.org/10.15294/kreano.v6i1.4452

Susanti, V.D. 2014. Efektivitas Model Pembelajaran Portofolio dan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair and Share (TPS) terhadap Prestasi Belajar Matematika ditinjau dari Kreativitas Siswa VII SMP Negeri 2 Kebonsari Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(2), 32-36. doi:http//dx.doi.org/10.25273/jipm.v2i2.476

Ulya, H., Masrukan, & Kartono. 2012. Keefektifan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Probing-Prompting dengan Penilaian Produk. Unnes Journal of Mathematics Education, 1(1). https://doi.org/10.15294/ujme.v1i1.257

Widodo, S. A. (2015). Perbedaan Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika Pada Tingkatan Kemampuan Awal Siswa Smp Kelas VIII Dengan Menggunakan Model Team Accelerated Instruction. In Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Universitas Sebelas Maret.

Yahya, N. 2014. Model Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Media Kultur Jaringan untuk Meningkatkan Aktivitas dan Kreativitas Siswa KElas XII IPA2 SMA Negeri 1 Bangsri. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(2). doi:http//dx.doi.org/10.15294/jpii.v3i2.3115




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/union.v6i3.2948

Article Metrics

Sari view : 50 times
PDF - 23 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Lihat Statistik