Pengembangan Perangkat Pembelajaran Power Teaching Berbasis Konstrutivisme Dalam Pembelajaran Matematika

Indrawati Indrawati, Muh Rusmayadi

Sari


Penelitian ini merupakan pengembangan perangkat pembelajaran matematika metode power teaching berbasis konstruktivisme. Tujuan penelitian memperoleh perangkat pembelajaran yang valid dan praktis, serta pembelajaran yang efektif pada materi bangun ruang sisi datar. Penelitian dilaksanakan di SMPN 1 Batukliang kelas VIII. Metode penelitian menggunakan 4D Thiagaraja  yang telah dimodifikasi menjadi 3D, yakni: define, design, dan develop. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif. Valid, karena para ahli menilai perangkat pembelajaran berkategori sangat baik. Praktis, karena siswa dan guru memberikan penilaian yang sangat baik serta kemampuan pengelolaan guru berkategori sangat baik. Pembelajaran efektif karena rata-rata keaktifan siswa berkategori sangat aktif, rata-rata nilai hasil belajar siswa melebihi KKM, hasil belajar siswa mencapai ketuntasan belajar klasikal, dan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Hasil pengembangan perangkat pembelajaran matematika metode power teaching berbasis konstruktivisme materi bangun ruang sisi datar kelas VIII valid, praktis dan pembelajarannya efektif.


Kata Kunci


Pengembangan Perangkat; Power Teaching;Konstruktivisme; Pembelajaran Matematika

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Biffle, C. (2008). Power Teachers Training Manual. California: Crafton Hills College Philosophy and Religious Studies Sand Canyon Rd.,Yucaipa.

Daniel, M & Reynolds, D. (2008). Effective Teaching Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fathurohman, P & Sutikno, M. (2009). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Refika Aditama.

Hamalik, O. (2009). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Nugrawati, U., Nuryakin, N., & Afrilianto, M. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Pada Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa MTs di Kota Cimahi Dengan Materi Segitiga dan Segiempat. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 1(2), 63-68.

Nursulistiyo, E. (2014). Kajian Metode Power Teachingsebagai Alternatif Metode Pembelajaran Sains di Kelas. JRKPF: Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika, Volume 1 Nomor 1, halaman 5-10.

OECD. (2016). PISA 2015 Results in Focus. Online. http://www.oecd.org/pisa/pisa-2015-results-volume-i-9789264266490-en.htm

Palasigue, J. (2009). Integrating Whole Brain Teaching Strategies to Create a More Engaged Learning Environment. Marygrove College. Detroit. Online. https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED507407.pdf.

Permendikbud. (2016). Standar Proses. Jakarta: Kemendiknas.

Pretorius, H.W. (2010). Using General System Theory for a Conceptual Whole Brain TeachingPhilosohy. In Proceedings of the SACLA Conference. Pretoria, South Africa.

Puadi, E. F. W., & Habibie, M. I. (2018). Implementasi PBL Berbantuan GSP Software Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 1(1), 19-26.

Rochmad. (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Jurnal Kreano, Volume 3 Nomor 1, halaman 59-72.

Rohmad & Supriyanto. (2015). Pengantar Statistika: Panduan Praktis Bagi Pengjar dan Mahasiswa. Yogyakarta: Kalimedia.

Salman F., M. (2009). Active Learning Techniques (ALT) in Mathematics Workshop; Nigerian Primary School Teacher’s Assessment. International Electronic Journal of Mathematics Education. Volume 4 Nomor 1, halaman 23-35.

Santi, I. K. L & Rusgianto, H. S. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Pendekatan Saintifik pada Materi Pokok Geometri Ruang SMP. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 11 Nomor 1, halaman 35-44.

Thiagarajan, S., dkk. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children, A Source Book. Blomington: Center of Inovation on Teaching the Handicapped Minnepolis Indiana University. Online. https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED090725.pdf.

Ubaidah, N., & Maharani, H. R. (2018). Pembelajaran Matematika Pada Materi Keliling Dan Luas Persegi Panjang Dengan Metode Power Teaching. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(1), 09-22.

Widodo, S. A. (2015). Efektivitas pembelajaran team accelerated instruction terhadap kemampuan memecahkan masalah matematika siswa kelas VIII SMP kota Jogjakarta. AdMathEdu: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan, 5(2).

Widodo, S. A. (2017). Development of teaching materials algebraic equation to improve problem solving. In Infinity (Vol. 6, No. 1, pp. 61-70).

Widodo, S. A., Prahmana, R. C. I., & Purnami, A. S. (2017, December). Teaching materials of algebraic equation. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 943, No. 1, p. 012017). IOP Publishing.




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/union.v6i3.2981

Article Metrics

Sari view : 107 times
PDF - 101 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Lihat Statistik