Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Pada Materi Kalkulus

Permata Permata, Wulan Destaria Rahmawati

Sari


Penelitian ini bertujuan membuat suatu media pembelajaran yang interaktif sebagai sarana media penyampaian materi kuliah khususnya materi kalkulus, serta membantu tenaga pengajar dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan adalah metode Multimedia Development Life Cycle dan dibangun menggunakan software Construct 2 dengan tipe project yaitu APK. Adapun tahapan pada pengembangan ini meliputi: concept, design, material collecting, assembly, testing, distribution. Hasil Pengujian User Acceptance Test dan Blackbox, dari pengujian tersebut diperoleh hasil User Acceptance Test yang telah dilakukan  pada 30 mahasiswa memperoleh skor 83,1%, terhadap 2 ahli materi diperoleh 74,28% dan terhadap 2 ahli media diperoleh 79,9%. Apabila dikalkulasikan maka hasil akhir aplikasi media pembelajaran ini diperoleh 79,09% yang termasuk dalam kategori baik untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil akhir dari pengembangan ini adalah aplikasi media pembelajaran dengan format APK yang dapat di install ke dalam OS android.

 


Kata Kunci


Media Pembelajaran; Multimedia; Construct 2; Kalkulus.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arief, A. (2013). Pengembangan Blog Sebagai Media Pembelajaran Online. As-Salam. 4(2).

Hourse, J. D. (2007). The Motivational Effects of Specific Instructional Strategies and Computer Use for Mathematics Learning in Japan: Findings from the Third International Mathematics and Science Study (TIMSS). International Journal of Instructional Media. 100 (2), 476-482.

Jas, I., Rosha, M., & ZA, N. (2012). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Website dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika. 1(1), 1-5

Lestari, A. N., & Istiqomah. (2013). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Kurikulum 2013 Pada Pokok Bahasan Trigonometri di SMK. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 5 (3), 253-261.

Narimawati, U. (2007). Riset Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Agung Media

Stewart, J. (2012). Calculus. USA: Brooks/Cole.

Susanto, B., Dwijanto, D., & Siskandar, S. (2012). Celmi Media Pembelajaran Berbantuan Telephone Celluler Untuk Meningkatkan Kompetensi Penyolderan Elektronika. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology. 1(2), 74-81

Sutopo, A. H . (2003). Multimedia Interaktifdan Flash.Yogyakarta : Graha Ilmu.

Suyanto, M. (2005). Multimedia Alat untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Yogyakarta : Andi

Uhl, J. (1995). Interactive Calculus at a Distance. Journal of Technological Horizons In

Education, 22, http://www.questia.com/

Yusuf, N., & Arcana, N I. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Mandiri Berbasis Smartphone Pada Materi Kubus Tingkat MTs. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 6 (2), 223-230.

Widodo, S. A. (2017). Development of teaching materials algebraic equation to improve problem solving. In Infinity (Vol. 6, No. 1, pp. 61-70).

Widodo, S. A. (2018). Selection of Learning Media Mathematics for Junior School Students. Turkish Online Journal of Educational Technology-TOJET, 17(1), 154-160.

Wahono, Romi, Satria. 2006. Aspek dan Kriteria Penilaian Media Pembelajaran. http://romisatriawahono.net/2006/06/21/aspek-dan-kriteria-penilaian-media-pembelajaran/, di akses tanggal 23 Mei 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/union.v6i3.2985

Article Metrics

Sari view : 171 times
PDF - 102 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Lihat Statistik