Pengembangan Modul Geometri Analitik Bidang Berbantuan Wingeom Software untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Malikussaleh

Mutia Fonna, M Mursalin

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan salah satu dari tujuan pembelajaran matematika yaitu kemampuan representasi matematis melalui pengembangan modul berbatuan wingeom software pada mata kuliah Geometri Analitik Bidang. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan. Adapun tahapan penelitiannya yaitu: (1) Prelimininary research (penelitian awal); (2) Prototyping phase (tahap pengembangan), (3) Assesment phase (tahap penilaian). Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa semester II Prodi Pendidikan Matematika Universitas Malikussaleh. Sampel dalam penelitian ini adalah satu kelompok mahasiswa unit A2 semester II. Penelitian dilaksanakan pada Tahun Ajaran 2017/2018. Teknik analisis data yang dilakukan adalah analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif yang digunakan untuk mendeskripsikan data yang telah terkumpul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan termasuk kategori valid, praktis dan efektif

Kata Kunci


Pengembangan Modul, Wingeom Software, Geometri Analitik Bidang

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dewi, S. (2016). Pengembangan Modul Matematika Diskritberbasis Information and Communication Technology (ICT). Tesis SPs UNSYIAH. Banda Aceh: tidak diterbitkan.

Jones, B.F. dan Knuth, R.A. (1991). What does Research Say about Mathematics? [Online].Tersedia:http://www.ncrl.org/sdrs/stwesys/2math.html.[11 April 2017]

NCTM (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: NCTM

NCTM (2008).The Role of Technology in Teaching and Learning of Mathematics.

Plomp, T. 2010. Educational Desain Research: An Introduction to Educational Desain Research. Dalam Plomp, T, and Nienke N. (Eds). An Introductional to Educational Desain Research. Enschede: Nedherlands Institute for Curriculum Development.

Risnawati (2012). Pengaruh Pembelajaran dengan Pendekatan Induktif-deduktif berbantuan Program Cabri Geometry terhadap Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Tesis. SPs UPI. Bandung: tidak diterbitkan.

Sugiyono (2012). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/union.v6i3.2988

Article Metrics

Sari view : 142 times
PDF - 106 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Lihat Statistik