Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Melalui Model Pembelajaran CORE Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematika

Ita Handayani

Sari


Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran CORE dengan ekspositori dan Kemampuan Awal Matematika (KAM) dalam meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis (KBKM). Populasi penelitian adalah peserta didik SMPN di Jakarta Selatan tahun. Metode penelitian yaitu quasi experiment dengan desain faktorial  treatment by level. Teknik analisis menggunakan twoway ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan peningkatan KBKM peserta didik yang mendapat pembelajaran CORE secara keseluruhan dan peserta didik yang mendapat pembelajaran ekspositori, 2) Terdapat interaksi antara pembelajaran dan KAM terhadap peningkatan KBKM, 3) Peningkatan KBKM peserta didik dengan KAM tinggi yang mendapat pembelajaran CORE lebih tinggi daripada peserta didik yang mendapat pembelajaran ekspositori, 4) Tidak terdapat perbedaan peningkatan KBKM peserta didik yang mendapat pembelajaran CORE dengan peserta didik yang mendapat pembelajaran ekspositori pada peserta didik KAM rendah.

Kata Kunci


Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Kemampuan Awal Matematika, Model Pembelajaran CORE

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Chukwuyenum, A. S. (2013). Impact Of Critical Thinking On Performance In Mathematics Among Senior Secondary School Students In Lagos State. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME) e-ISSN: 2320–7388, p-ISSN: 2320–737X Volume 3.

Cockcroft, W. H. (1986). Mathematics Counts. London: HMSO

Curwen, M. S., et al. (2010). “Increasing Teachers’ Metacognition Develops Students’ Higher Learning During Content Area Literacy Instruction: Findings From The Read-Write Cycle Project.” Issues In Teacher Education Volume19, Number 2. Online http://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ902679.pdf. (Diakses tanggal 19 Oktober 2015 pukul 8.15)

Ennis, R. H. (1985). A logical basis for Measuring Critical thinking skill. Association for Supervision and Curriculum Development (ASCD).

Ennis, R. H. (1996). Critical thinking. New York: Prentice

Ertl, B. & Madl, H. (2008). Effect of Individual Prior Kowledge on Collaborative Kowledge Construction and Individual Learning Outcomes. Proceedings of the Conference Knowledge Contruction in E-Learning Context: CSCL, ODL, ICT, and SNA in Education 2008, Vol. 398

Haristy, D. R., Enawaty, E., & Lestari, I. (2013). Pembelajaran Berbasis Literasi Sains pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit di SMA Negeri 1 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2(12).

Martyanti, A., & Suhartini, S. (2018). Etnomatematika: Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Budaya Dan Matematika. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 1(1), 35-41.

Naga, D. S. (2009). Teori Skor pada Pengukuran Mental. Jakarta: PT. Nagarani Citrayasa

OECD. (2014). PISA 2012 Result: Ready To Learn Students’ Engagement, Drive And Self-Beliefs. USA: OECD-PISA

Pratiwi, D. D., Sujadi, I., & Pangadi, P. (2013). Mampuan Komunikasi Matematis Dalam Pemecahan Masalah Matematika Sesuai Dengan Gaya Kognitif Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pembelajaran Matematika, 1(5).

Ruseffendi, E. T. (2006). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito

Widodo, S. A. (2014). Ekperimentasi Pembelajaran CPS Ditinjau Dari Kemampuan Awal Terhadap Prestasi Belajar Interpolasi. Jurnal Pendidikan Progresif, 4(1).

Widodo, S. A. (2015). Efektivitas pembelajaran team accelerated instruction terhadap kemampuan memecahkan masalah matematika siswa kelas VIII SMP kota Jogjakarta. AdMathEdu, 5(2).

Yazid, A. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Kooperatif dengan Strategi TTW (Think-Talk-Write) pada Materi Volume Bangun Ruang Sisi Datar. Journal of Primary Education, 1(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/union.v7i1.3095

Article Metrics

Sari view : 65 times
PDF - 25 times

Refbacks



##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Lihat Statistik