Pengembangan Buku ajar Statistika Elementer Untuk Mahasiswa Calon Guru Matematika

Alberta Parinters Makur, Sebastianus Fedi

Sari


Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar statistika elementer dan mengetahui kualitas buku ajar yang dikembangkan. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah Buku Ajar Statistika Elementer. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar evaluasi, angket respon mahasiswa, lembar observasi kegiatan pembelajaran, dan tes hasil belajar. Buku  Ajar ini dikembangkan mengikuti model pengembangan ADDIE, yaitu: a) Analysis: analisis kebutuhan, analisis kurikulum dan analisis karakteristik mahasiswa. b) Design: pengumpulan referensi, perancangan dan penyusunan  buku ajar, penyusunan Rancangan Pembelajaran Semester (RPS) dengan media yang digunakan. c) Development: pembuatan  buku ajar, validasi ahli untuk mengetahui kevalidan  buku ajar, dan merevisi produk berdasarkan masukan validator. d) Implementation: terdiri atas uji coba kecil dan uji coba besar untuk memperoleh kepraktisan dan keefektifan penggunaan  buku ajar. e) Evaluation: menganalisis kevalidan, kepraktisan dan keefektifan  buku ajar. Kualitas bahan ajar yang dikembangkan adalah: a) kevalidan dengan kriteria lolos tanpa revisi berdasarkan penilaian validator materi, validator bahasa dan validator penyajian dan grafika dengan skor masing-masing 3.69, 3.25, dan 3.33 b) kepraktisan dengan kriteria lolos tanpa revisi berdasarkan penilaian dosen terhadap  buku ajar, angket respon mahasiswa dan observasi kegiatan pembelajaran dengan skor masing-masing 3.20, 93.93%, dan 87.71%. c) efek potensial   buku ajar dengan kriteria tinggi berdasarkan tes prestasi belajar mahasiswa dengan persentase sebesar 73%.


Kata Kunci


buku ajar, mahasiswa calon guru; pengembangan; statistika elementer.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Branch, R. M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach (Vol. 722). Springer Science & Business Media.

Creswell, J. W. (2002). Educational research: Planning, Conducting, And Evaluating Quantitative. Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall.

Gay, L.R. (1990). Educational Evaluation And Measurement: Competencies For Analysis And Application. New York: MacMillan Pub.Comp

Ghofur, A. (2008). Pengaruh Suasana Akademik Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Asing Mahasiswa Jurusan Bahasa Asing Fbs Unimed. Jurnal Bahas, 17(01).

Haryoko, S. (2009). Efektivitas pemanfaatan media audio-visual sebagai alternatif optimalisasi model pembelajaran. Jurnal Edukasi Elektro, 5(1).

Irianto, A. (2003). Statistika: Konsep dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Kencana Prenada Media

Lagur, D. S., Makur, A. P., & Ramda, A. H. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 357–368.

Makur, A. P., Prahmana, R. C. I ., & Gunur, B. (2018). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Peserta OSK Matematika Tingkat SD, dan Strategi Think, Talk, and Write. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 23–32. https://doi.org/https://doi.org/10.22342/jpm.12.2.5677.%25p

Puadi, E. F. W., & Habibie, M. I. (2018). Implementasi PBL Berbantuan GSP Software Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 1(1), 19-26.

Sriyana, S., & Winarso, W. (2018). Perilaku Belajar Efektif Terhadap Kemampuan Kognitif Psikomotorik Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 1(2), 77-92.

Setyosari, P. 2012. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.

Trinova, Z. (2012). Hakikat Belajar dan Bermain Menyenangkan bagi Peserta Didik. Al-Ta Lim Journal, 19(3), 209-215.




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/union.v6i3.3097

Article Metrics

Sari view : 233 times
PDF - 79 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Lihat Statistik