Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa PGSD pada Masalah Open-ended

Nelly Rhosyida, Trisniawati Trisniawati, Flora Grace Putrianti

Sari


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa PGSD serta mendeskripsikan kelemahan mahasiswa dalam pembelajaran dengan masalah open-ended ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa PGSD Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode tes. Hasil penelitian menunjukkan pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa PGSD tergolong pada kategori tinggi dengan perolehan rata-rata skor KPM yaitu 51,76. Persentase mahasiswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah pada kategori tinggi adalah 94%, sementara 6% dari total mahasiswa berada pada kategori sedang. Tidak ada mahasiswa yang berada pada kategori rendah. persentase penguasaan mahasiswa pada tahapan memahami masalah 99,20%, merencanakan strategi 95,20%, menyelesaikan masalah 81,60%, dan memeriksa kembali yaitu 32,80%. Mahasiswa sudah mampu memahami permasalahan, merencanakan strategi, dan mengeksekusi strategi dalam menyelesaikan soal. Akan tetapi, mahasiswa belum terbiasa melakukan pemeriksaan ulang dan memberikan alternatif solusi terhadap hasil pekerjaannya.


Kata Kunci


Kemampuan Pemecahan Masalah;Mahasiswa;PGSD;Masalah Open-ended.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ayu, A. R., Maulana, M., & Kurniadi, Y. 2016. Pengaruh Pendekatan Kontekstual terhadap Kemampuan Koneksi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar pada Materi Keliling dan Luas Persegipanjang dan Segitiga. Pena Ilmiah, 1(1), 221-230. http://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/view/3052/pdf.

Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22 tahun 2006 about Standar Isi Mata Pelajaran Matematika.

Dewi, P. S. 2018. Efektivitas Pendekatan Open-ended Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal PRISMA 7(1) Juni 2018, 11-19. https://jurnal.unsur.ac.id/prisma/article/view/340/268.

Fitriani, K., & Maulana, M. 2016. Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SD Kelas V melalui Pendekatan Matematika Realistik. Mimbar Sekolah Dasar, 3(1), 40-52. http://ejournal.upi.edu/index.php/mimbar/article/view/2355/1638.

Hidayat, W. & Sariningsih, R. 2018. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Adversity Quotient Siswa SMP melalui Pembelajaran Open Ended. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika Edisi Maret Vol 2 No 1 (2018) Hal 109. Online http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/JNPM/article/view/1027 diakses pada tanggal 20 September 2018.

Husniah, GN, Maulana, M., & Isro'Katun, I. 2017. Pengaruh Pendekatan Open-ended terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Motivasi Belajar. Pena Ilmiah 2(1), 841-850. http://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/view/11220/6842

Krulik & Rudnick. 1995. A new Sourcebook FOR Teaching Reasoning and problem Solving in elementary School. London: A Simon & Schuster Company, 4.

Mayer E R. 2003. Handbook of Psychology, Vol. 7 Educational Psychology 2003 (pp. 47-57). Hoboken : John Wiley & Sons, Inc.

Mustikasari, Zulkardi, & Nyimas, A. (2010). Pengembangan Soal-Soal Open-Ended Pokok Bahasan Bilangan Pecahan Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 4 No. 1.

NCTM. 2000. Principles and Standards For School Mathematics. Virginia: NCTM.

Nohda, N., 2000. Learning and Teaching Through Open-ended Approacrh Method. Dalam Tadao Nakahara dan Masataka Koyama (editor) Proceeding of the 24th of the Intenational Group for the Psychology of Mathematics Education. Hiroshima : Hiroshima University

Noviyana, Hesti. 2018. Pengaruh Model Open-ended terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Edumath , Volume 4. No. 2, (2018), 10. https://doi.org/10.26638/je.684.2064

Rhosyida, N. 2017. Eksplorasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Science Tech, 03(01), 11–20. https://doi.org/10.30738

Rismaati, & Komala, E. 2018. Penerapan Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Indomath: Indonesia Mathematics Edcuation, 1(2), 163–172. https://doi.org/10.1007/s11277-015-2959-0

Rosha, M. 2018. Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Pembentukan Model Matematika di MGMP Matematika SMA Kota Bukitinggi. Indomath: Indonesia Mathematics Edcuation, 1(1), 42–48.

Salahuddin. 2018. Analysis Of Problem Solving Ability In Mathematics Based On Concept Understanding and Mathematics Reasoning Ability of Class VIII Students at SMPN 29 Makassar. DAYA MATEMATIS : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Volume 6 No 2 Juli 2018, 179 - 189. DOI: http://dx.doi.org/10.26858/jds.v6i2.6059

Sawada, T. 1997. “Developing Lesson Plans.” The Open-ended Approach: A New Proposal for Teaching Mathematics.

Sudirman, Son, A. L., & Rosyadi. (2018). Penggunaan Etnomatematika Pada Batik Paoman Dalam Pembelajaran Geometri Bidang di Sekolah Dasar. Indomath: Indonesia Mathematics Edcuation, 1(1), 27–34.

Suherman, E. dkk. 2003. Strategi Pembelajaran matematika Kontemporer. Bandung : JICA Universitas Pendidikan Indonesia.

Takahashi, A. 2008. Communication As a Process for Students To Learn Mathematical. Depaul University, 1(2), 1–7.

Trisniawati, T. 2017. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Tingkat Sekolah Dasar di Kotamadya Yogyakarta. Science Tech, 03(01), 1–10. https://doi.org/10.30738

Van de Walle, J. A. 2006. Elementary and Middle School Mathematics: Teaching Developmentally.

Zulfah, Z. 2018. Pengaruh lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning terhadap kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(5), 1144-1160. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/99




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/union.v6i3.3147

Article Metrics

Sari view : 191 times
PDF - 64 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Lihat Statistik