Penerapan Model Student Teams Achievement Division Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII

Yanuar Yanuar, Klara Iswara Sukmawati, Samsul Arifin

Sari


Matematika merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan yang sangat penting. Hal ini dikarenakan matematika berguna bagi kehidupan manusia dan juga mendasari perkembangan teknologi modern, serta peran penting dalam berbagai disiplin dan memajukan daya piker manusia. Namun data dari TIMSS 2011 menunjukan bahwa kemampuan siswa khususnya kemampuan pemahaman konsep masih rendah. Kemampuan pemahaman konsep adalah hal yang paling mendasar dalam pembelajaran matematika karena sebagai prasyarat untuk menguasai materi selanjutnya. Salah satu pembelajaran yang dapat digunakan sebagai upaya untuk mengembangkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa adalah pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh dengan pembelajaran STAD lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran yang diterapkan disekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan desain quasi eksperiment tipe non equivalent posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Simpang Pesak, Belitung Timur dengan jumlah sampel 80 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan convenience sampling. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen sebanyak 20 siswa dan kelas VIIIC sebagai kelas kontrol sebanyak 20 siswa. Berdasarkan pengolahan data menggunakan Mann Whitney diperoleh nilai Zhitung = 2,090 dan Ztabel = 1,65, dikarenakan  Zhitung > Ztabel, maka dapat disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh pembelajaran STAD Lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran dengan konvensional.


Kata Kunci


Pembelajaran Student Teams Achievement Devision (STAD), Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afrilianto, M. (2012). Peningkatan Pemahaman Konsep dan Kompetensi Strategis Matematis Siswa SMP dengan Pendekatan Metaphorical Thinking. Infinity Journal, 192-202.

Ahmadi, A. (2005). Strategi Belajar Mengajar. Evaluasi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Alim, A. S., Slamet, D., & Astuti, M. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Pemahaman Konsep Pecahan. jurnal didaktika dwija indria.

Amir, A. (2014). Penggunaan Model Pembelajaran SQ3R Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Logaritma. jurnal ilmu-ilmu kependidikan dan sains, 115-127.

Arikunto, S. (2015). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Fraenkel, J., Wallen, N., & Hyun, H. (2012). How do Design And Evaluate Research Ni Education. Eight Edition. New York: McGraw Hill.

Heriani, M., Hartono, H., & Dharmayana, W. (2017). Model Pembelajaran Dengan Strategi Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematika Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Matematika.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muharon, T. (2014). Pengaruh Pembelajaran Dengan Model Kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematik Peserta Didik di SMK Negeri Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan dan Keguruan.

Mulyadi, M., Riyadi, R., & S.Subanti. (2015). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Luas Permukaan Bangun Ruang Berdasarkan Newman's Eror Analysis (NEA) Ditinjau dari Kemampuan Spasial. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika.

Purta, G. E., & Tegeh, I. M. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD Terhadap Pemahaman Konsep dan Sikap Sosial siswa kelas V. Mimbar PGSD Undiksha.

Sheskin, D. (2004). Handbook of Parametric and Nonparametric Statistical Procedures. New York:: Chapman & Hall/CRC.

Sholihah, D. A., & Mahmudi, A. (2015). Keefektifan exsperiential learning Pembelajaran Matematika MTs Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 175-185.

Slavin, R. E. (2015). Cooperatif Lerning Teori Riset dan Praktik XV. Bandung: Nusa Media.

Sugiyono. (2010). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sumadiasa, I. G. (2014). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Dolo dalam Menyelesaikan soal Luas Permukaan dan Volume Limas . Jurnal Pendidikan Matematika.

Sundari, S., & Murtiyasa, B. (2016). Pengaruh creative problem solving dan Kemampuan Komunikasi Matematis Terhadap Pemahaman Konsep Siswa. Seminar Nasional Pendidikan Matematika.

Sundayana, R. (2014). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta .

Wahyuli, E. B. (2011). Penerapan Model Kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Kuadrat pada peserta didik kelas X Tehnik Komputer Jaringan (TKJ) di SMK 45 Wonosari .

Yanti, E., Antosa, Z., & Alpusari, M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV A SD N Pematang Pudu Kecamatam Mandau KABUPATEN BENGKALIS. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 1-11.




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/union.v7i1.3151

Article Metrics

Sari view : 90 times
PDF - 47 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Lihat Statistik