IMPLEMENTASI ALGORITMA KRIPTOGRAFI ENIGMA TERMODIFIKASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PMRI UNTUK MATERI KOMPOSISI FUNGSI DAN FUNGSI INVERS

Najib Mubarok

Sari


Kriptografi merupakan salah satu cabang ilmu bidang matematika terapan yang menggunakan konsep aljabar abstrak dalam penerapannya. Dalam penerapannya untuk pengiriman pesan rahasia, kriptografi mendasarkan keamanannya pada aljabar yang termasuk di dalamnya konsep komposisi fungsi dan fungsi invers. Di sisi lain, Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) menghadapi tantangan dalam penyiapan bahan ajar dalam desain media pembelajaran yang konkret terutama untuk materi-materi matematika abstrak seperti komposisi fungsi dan fungsi invers. Dengan melakukan modifikasi algoritma kriptografi Enigma, tulisan ini bertujuan untuk mengimplementasikan kriptografi sebagai media pembelajaran berbasis PMRI untuk materi komposisi fungsi dan fungsi invers.


Kata Kunci


PMRI; Kriptografi Enigma; Komposisi Fungsi; Fungsi Invers

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dafid. 2006. “Kriptografi Kunci Simetris Dengan Menggunakan Algoritma Crypton.” STMIK MDP Palembang 2(3):20–27.

Fadlilah, Nur. 2013. “Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Volume Prisma Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (Pmri).” Jurnal Pendidikan Matematika UNSRI 8:1–10.

Fajar, Eddo. 2013. “Studi Enkripsi Dan Kriptanalisis Terhadap ENigma.” STEI ITB2 1:1–7.

Ibrahim. 2012. “Pembelajaran Matematika Dengan ICT Sebagai Sarana Pengembangan Kecerdasan Emosional Siswa Menuju Pembangunan Karakter Bangsa.” Jurnal Fourier 1(2):47–51.

Lismareni, N., Somakim., Kesumawati, N. 2014. “Pengembangan Bahan Ajar Materi Aritmetika Sosial Menggunakan Konteks Bahan Bakar Minyak Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Di SMP.” Jurnal Pendidikan Matematika UNSRI 1:1–12.

Paar, C., & Pelzl, J. 2009. Cryptography, Understanding. Second Edi. Germany: Springer.

Rahmawati. 2011. “Desain Pembelajaran Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Dengan Menggunakan Timbangan Siswa Kelas Iv.” Jurnal Pendidikan Matematika 1:1–12.

Ratih. 2013. “Studi Dan Perbandingan Penggunaan Kriptografi Kunci Simetri Dan Asimetri Pada Telepon Selular Ratih – NIM: 13503016.” STEI ITB 1:1–8.

Schneier, Bruce. 1996. “Applied Cryptography-Protocols, Algorithms, and Source Code in C.”

Sembiring, Robert K. 2010. “Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI): Perkembangan Dan Tantangannya.” Journal on Mathematics Education 1(1):11–16.

Soviawati, Evi. 2011. “Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa Di Tingkat Sekolah Dasar.” Jurnal UPI (2):79–85.

T, Abdi Mirzaqon, Bimbingan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, and Universitas Negeri Surabaya. 2018. “Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori Dan Praktik Konseling Expressive Writing.” Jurnal BK UNESA 8:1–8.

Tahun, Usia and D. I. Taman. 2015. “Upaya Guru Mengembangkan Kemandirian Anak.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 4:1–13.

Tampubolon, Budiman and Mastar Asran. 2017. “Pengaruh Media Konkret Pada Pembelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa SDN 15 Sempalai Tebas.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 6(7).

Twindania Namiesyva. 2014. “Kriptografi Sebagai Media Pembelajaran Dalam Studi Matematika Tingkat Sekolah.” ITB 1:1–12.

Zulkardi, Zulkardi, Indra Putri, and Ratu Ilma. 2010. “Pengembangan Blog Support Untuk Membantu Siswa Dan Guru Matematika Indonesia Belajar Pendidikan Matematika Realistic Indonesia (PMRI).” Jurnal Inovasi Perekayasa Pendidikan (JIPP) 2(1):1–24.




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/union.v7i1.3211

Article Metrics

Sari view : 51 times
PDF - 12 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Lihat Statistik