Penerapan Metode Resitasi Pada Pembelajaran Statistika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Liza Fitri Uswatun Khasanah, Nyiayu Fahriza Fuadiah

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan metode resitasi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XII IPS. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode eksperimen dengan menggunakan post test. Subjek dalam penelitian ini adalah 35 siswa kelas XII IPS 4 Madrasah Aliyah Negeri  1 palembang selama enam kali pertemuan.  Data hasil penelitian merupakan hasil belajar siswa yang diperoleh dari post test pada bahasan menentukan tabel distribusi frekuensi, menentukan nilai (mean, median dan modus), menentukan nilai (kuartil, desil dan persentil) dan dapat menggambar histogram, diagram batang, diagram garis, diagram lingkaran dan diagram batang daun. Teknik penilaian menggunakan kriteria penilaian dari Sahertien yaitu dengan menggunakan persentase sangat kurang, kurang, cukup, baik dan sangat baik. Dari hasil persentase dapat disimpulkan ada pengaruh yang positif dari penerapan metode resitasi terhadap hasil belajar matematika yakni peningkatan hasil belajar sebanyak 24%.

Kata Kunci


Penerapan;Resitasi;Hasil Belajar.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aditya, Dedy, Y. 2016. Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal SAP, 1(2), 165 – 174.

Arief, Habibah F., Maulana dan Ali, S. 2016. Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Pendekatan Problem-Based Learning (PBL). Jurnal Pena Ilmiah: Vol. 1, No. 1, 141-150.

Danial, Muhammad, dkk. 2013. Perbandingan Hasil Belajar Siswa yang Diberi Tugas Rumah dan Kuis pada Model Pembelajaran Langsung (Studi pada Materi Pokok Reaksi Redoks). Pendidikan Jurnal Chemica, 14(1), 66 – 73.

Fuadiah, N.F. (2017). Hypothetical learning trajectory pada pembelajaran bilangan negatif berdasarkan teori situasi didaktis di sekolah menengah. Mosharafa, 6(1), 13-24

Handayani, Bestari, D. 2008. Efektivitas penerapan metode problem posing dan tugas terstruktur terhadap prestasi belajar mahasiswa. Jurnal Forum Kependidikan, Vol 28 No 1, 1-8.

Ismatulloh, Kholida. 2017. Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi Dalam Pembelajaran Matematika Dasar. EDUMETIC : Jurnal Pendidikan Informatika,1(1), 24 – 28.

Kurnia, A., Tri. 2015. Peningkatan motivasi dan hasil belajar melalui pembelajaran Team Assisted Individualization pada kalor di SMP. Artikel Penelitian: Univ.Tanjung Pura.

Kurniawan, Arif dan E., Harini. 2014. Upaya meningkatkan minat dan prestasi belajar matematika melalui metode resitasi siswa kelas V SD Negeri 2 Gebangsari Kebumen Tahun ajaran 2012/2013. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 2 No 1, 23-30.

Kusairi, S. 2012. Analisis Asesmen Formatif Fisika SMA Berbantuan Komputer. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Vol. 16 Edisi Dies Natalis ke-48 UNY, 69 – 87.

Mudjiman, Haris. 2011. Manajemen Pelatihan Berbasis Belajar Mandiri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Purtadi, S., dan Lis P., S. 2007. Pembelajaran Kimia Tematik pada mata kuliah Kimia Dasar sebagai model pembelajaran berbasis masalah. FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta.

Rahmayanti, Ira D., S., dan Henny D., K. 2017. Penerapan model make a match untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi siswa kelas IV SD Negeri Siwak. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 5 No 3, 209-218.

Rindyana, Bunga S., B., dan Tjang D. Chandra. 2013. Analisis kesalahan sisiwa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan analisis newman. Universitas Negeri Malang.

Romli, Muhammad. 2012. Strategi Membangun Metakognisi Siswa SMA dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal AKSIOMA, Vol 1 No 2, 1-16.

Satriani. “Pengaruh Penerapan Contextual Teaching and Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Organisasi Kehidupan pada Siswa Kelas VII SMP Aisyiyah sungguminasa Kab.Gowa”. Skripsi Sarjana, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Makassar, 2009

Setyanta, B., A. 2012. Pengaruh Pemberian Kuis Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMP Kanisius Kalasan Tahun Pelajaran 2012/2013 Pada Materi Faktorisasi Suku Aljabar. Makalah dipresentasikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika di Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY.

Sudarwanti, dan E., Harini. 2018. Efentivitas penggunaan model pembelajaran TAI disbanding dengan model pembelajaran SAVI terhadap hasil belajar matematika. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 6 No 1, 91-98.

Widhiantari, Rahma. 2012. Efektivitas metode pemberian tugas (resitasi) berbantuan modul pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kompetensi dasar uang dan perbankan SMA N 1 Kota Mungkid Kabupaten Magelang. EEAJ, 1 (1), 1-6.

Widodo, S. A. (2014). Ekperimentasi Pembelajaran CPS Ditinjau Dari Kemampuan Awal Terhadap Prestasi Belajar Interpolasi. Jurnal Pendidikan Progresif, 4(1).

Widodo, S. A. (2015). Efektivitas pembelajaran team accelerated instruction terhadap kemampuan memecahkan masalah matematika siswa kelas VIII SMP kota Jogjakarta. AdMathEdu, 5(2).

Winkel, W., S. 2004. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/union.v7i1.3322

Article Metrics

Sari view : 18 times
PDF - 9 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Lihat Statistik