Pengembangan Perangkat Pembelajaran Lembar Kegiatan Siswa Dengan Pendekatan Open-Ended Materi Bilangan Pecahan

Elen Purnamasari, Syaifudin Syaifudin, Muslimin Muslimin

Sari


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk  menghasilkan LKS berbasis pendekatan open-ended pada materi pecahan kelas VII SMP yang valid dan praktis serta untuk mengetahui efek potensial dari LKS berbasis pendekatan open-ended terhadap hasil belajar siswa SMP kelas VII. Masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana mengembangkan LKS berbasis pendekatan open-ended pada materi pecahan kelas VII SMP yang valid dan praktis? Bagaimana mengembangkan LKS berbasis pendekatan open-ended pada materi pecahan kelas VII SMP yang valid dan praktis ? Pengembangan perangkat pembelajaran lembar kegiatan siswa (LKS) pembelajaran ini dilakukan mengikuti  dua tahap utama yaitu tahap preliminary (tahap persiapan) serta tahap formative evaluation. Berdasarkan hasil belajar siswa kelas VII3 yang dilakukakan secara individu diperoleh rata-rata 90,78 termasuk kategori baik. Sedangkan berdasarkan hasil tes kemampuan akhir siswa diperoleh bahan ajar yang memiliki efek potensial.


Kata Kunci


pengembangan, LKS, Open-Ended, bilangan pecahan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akker, J. V. (2013). Education Design Research. Netherlands: Erischede.

Aprianti, K. (2013). Pengaruh Pendekatan Open-Ended Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Pokok Segi Empat Kelas VII SMP Negeri 4 Lumpatan. Palembang: Skripsi FKIP UMP.

Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi aksara.

Becker, J., & Shigoru, S. (1997). The Open Ended Approach a New Proposal For Teaching Mathematics. NCTM.

Dwijayanti, R. (2012). Penerapan Pendekatan Open-Ended dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tanjung Batu. Palembang: Skripsi FKIP UNSRI.

Erman, S. (2001). Strategi Pembelajaran Matematik Kontemporer. Bandung: Jica.

Miria, Y. (2013). Pengembangan Soal Open-Ended Pada Pokok Bahasan Bilangan Bulat untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VII SMP. Palembang: Skripsi FKIP UNSRI.

Mustikasari. (2009). Pengembangan Soal-soal Open-Ended pada Pokok Bahasan Bilangan Pecahan di Sekolah Menengah Pertama . Palembang: Tesis PPS Unsri.

Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.

Tressmer, M. (1993). Planning and Conduting Formative Evaluations. London: Kogan Page.

Yumiati, & Puryati. (2010). Dampak Model Pembelajaran Generatif Dengan Pendekatan Open Ended pada Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP Pamulang. Artikel,(online).




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/union.v7i1.3330

Article Metrics

Sari view : 98 times
PDF - 48 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Lihat Statistik