Pengaruh Model Course Review Horay Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa SMP Daarul Aitam Palembang

Mahdiyah Mahdiyah, Nur Azizah Maryamah, Tria Gustiningsi

Sari


Penelitian  ini bertujuan untuk  mengetahui ada tidaknya pengaruh model course review horay  terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran  matematika. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Daarul Aitam Palembang dengan kelas VII.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.3 sebagai kelas kontrol. Desain yang digunakan dalam  penelitian  adalah true experimental dengan katagori posttest-only control design. Teknik pengumpulan data menggunakan  teknik observasi dan  angket. Materi yang digunakan adalah materi bilangan. Hasil analisis statistik nonparametrik uji wilcoxon, diperoleh sig.hitung (0,024) < sig. (0,05). Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh  model course review horay terhadap motivasi belajar matematika Siswa SMP Daarul Aitam Palembang.


Kata Kunci


Model Course Review Horay; Motivasi; Eksperimen.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arifin, Z. (1988). Evaluasi instruksional. Bandung: Remaja Rosdakarya aksara

Huda, M. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ismail, H. (2015). Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah pada Siswa Kelas V SD Inpres Palupi. Jurnal kreatif Tadulako Online. 4(4), halaman: 343-350.

Kurniasih, I., & Berlin. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Kata Pena.

Lomu, L., & Widodo, S. A. (2018, February). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia.

Miscarine. (2011). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika pada Luas dan Keliling Persegi Panjang Melalui Metode Pembelajaran Student Facilitator and Explaning. Skripsi. UMS.

Rooijakkers, Ad. (2006). Mengajar dengan Sukses. Jakarta: PT Gramedia.

Santrock, J. W. (2015). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sardiman. (2009). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grasido Persada.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Sugandi, E. & Rahayu, S. (2012). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan Kuadrat melalui Model Course Review Horay pada Siswa Kelas X Akuntabsi 1 SMK Negeri 1 Surabaya Tahun Ajaran 2011/2012. Surabaya: Seminar Nasional Pendidikan Matematika.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tapantoko, A.A. (2011). Penggunaan Metode Mind Map (Peta Pikiran) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Depok. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Triyanti. (2014). Peningkatan Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay. Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Uno, H. B. (2015). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Warpala, I. W S. (2009). Pendekatan Pembelajaran Konvensional. Online. https://www.kompasiana.com.

Widodo, S. A., Laelasari, L., Sari, R. M., Nur, I. R. D., & Putrianti, F. G. (2017). Analisis Faktor Tingkat Kecemasan, Motivasi dan Prestasi Belajar Mahasiswa. TAMAN CENDEKIA: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 1(1), 67-77.

Wulandari, D., Qodar, A., & Susiswo. 2013. Peningkatan Motivasi dan Pemahaman Siswa Melalui Metode Course Review Horay pada Materi Lingkaran Kelas VIII-A SMPN Kabupaten Malang Tahun Pelajaran 2012/2013. Universitas Negeri Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/union.v7i1.3334

Article Metrics

Sari view : 25 times
PDF - 18 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Lihat Statistik