Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Seyegan

Bainy Farhan Nur Aly, A. A Sujadi, Irham Taufiq

Sari


Jenis kesalahan paling banyak yang dilakukan oleh siswa kelas X-DPIB.2 SMK Negeri 1 Seyegan dalam menyelesaikan soal matematika pokok bahasan sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) adalah kesalahan operasi, dengan persentase kesalahannya sebesar 58,43% dan termasuk kategori sedang

Kata Kunci


pendidikan matematika; kualitatif; analisis kesalahan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamzah, A. 2014. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hudoyo, H. 1990. Strategi Mengajar Belajar Matematika. Malang: IKIP Malang.

Istiqomah, N. 2013. Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Matematika Siswa Kelas XI SMK Tamtama Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014, Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 6 Nomor 2, halaman 343–352.

Meleong, L. J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Satori, D. & Komariah, A. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta.

Setiawan, H. 2017. Analisis Kesalahan dalam Siswa Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Soal Uraian Matematika Di MTS Negeri Ngablak, Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 6 Nomor 2, halaman 267–274.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.

Suherman, H. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI.

Sularningsih, S., Battijanan, A., & Widodo, S. A. (2018, February). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Dengan Menggunakan Langkah Poliya Siswa SMK. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia.

Widodo, S. A. (2013). Analisis kesalahan dalam pemecahan masalah divergensi tipe membuktikan pada mahasiswa matematika. Jurnal pendidikan dan pengajaran, 46(2 Juli).

Widodo, S. A. (2014). Kesalahan dalam Pemecahan Masalah Divergensi pada Mahasiswa Matematika. Jurnal Admathedu, 4(1).

Widodo, S. A., & Sujadi, A. A. (2015). Analisis kesalahan mahasiswa dalam memecahkan masalah trigonometri. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora, 1(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/union.v7i1.4050

Article Metrics

Sari view : 41 times
PDF - 31 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Lihat Statistik