Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Seyegan

Bainy Farhan Nur Aly, A. A. Sujadi, Irham Taufiq

Sari


Tujuan penulisan artikel jurnal ini adalah untuk mengetahui persentase kesalahan konsep, persentase kesalahan prosedur, persentase kesalahan operasi, dan jenis kesalahan paling banyak yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal matematika pokok bahasan sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Seyegan Tahun Ajaran 2018/2019. Obyek penelitian ini adalah kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika. Teknik pengambilan sampel yang digunakan purposive sampling. Instrumen penelitian adalah peneliti, lembar tes, lembar wawancara, dan dokumentasi. Validitas butir soal diperoleh melalui korelasi product moment. Reliabilitas tes diperoleh dengan menggunakan rumus Alpha. Teknik analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data yang tersedia. Hasil penelitian secara deskriptif menunjukkan bahwa siswa kelas X-DPIB.2 SMK Negeri 1 Seyegan melakukan kesalahan konsep sebesar 29,85% termasuk kategori rendah, kesalahan prosedur sebesar 27,50% termasuk kategori rendah, dan kesalahan operasi sebesar 58,43% termasuk kategori sedang. Sedangkan jenis kesalahan yang paling banyak adalah kesalahan operasi yaitu sebesar 58,43%.


Kata Kunci


pendidikan matematika; kualitatif; analisis kesalahan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamzah, A. 2014. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hudoyo, H. 1990. Strategi Mengajar Belajar Matematika. Malang: IKIP Malang.

Istiqomah, N. 2013. Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Matematika Siswa Kelas XI SMK Tamtama Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014, Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 6 Nomor 2, halaman 343–352.

Meleong, L. J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Satori, D. & Komariah, A. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta.

Setiawan, H. 2017. Analisis Kesalahan dalam Siswa Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Soal Uraian Matematika Di MTS Negeri Ngablak, Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 6 Nomor 2, halaman 267–274.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.

Suherman, H. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI.

Sularningsih, S., Battijanan, A., & Widodo, S. A. (2018, February). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Dengan Menggunakan Langkah Poliya Siswa SMK. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia.

Widodo, S. A. (2013). Analisis kesalahan dalam pemecahan masalah divergensi tipe membuktikan pada mahasiswa matematika. Jurnal pendidikan dan pengajaran, 46(2 Juli).

Widodo, S. A. (2014). Kesalahan dalam Pemecahan Masalah Divergensi pada Mahasiswa Matematika. Jurnal Admathedu, 4(1).

Widodo, S. A., & Sujadi, A. A. (2015). Analisis kesalahan mahasiswa dalam memecahkan masalah trigonometri. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora, 1(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/union.v7i1.4050

Article Metrics

Sari view : 435 times
PDF - 206 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Lihat Statistik