Pengembangan YouTube Pembelajaran Persamaan Lingkaran di SMA Menggunakan Videoscribe

Nopi Tri Utami, I Nyoman Arcana

Sari


Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan produk YouTube pembelajaran persamaan lingkaran menggunakan Videoscribe di SMA dan mengetahui kelayakannya. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan desain one shot case study. Model pengembangan ADDIE yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. Produk dikembangkan di Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Uji coba produk dilakukan pada 23 peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Piyungan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dan tes hasil belajar. Hasil penelitian berupa YouTube pembelajaran yang diberi judul YouTube Pembelajaran Persamaan Lingkaran. YouTube pembelajaran telah melalui validasi produk dan dinyatakan valid. Kevalidan tersebut didukung oleh presentase ketuntasan hasil belajar yang tergolong sangat tinggi dan diperkuat oleh korelasi positif hasil tes belajar dengan angket respon. Sehingga, YouTube pembelajaran dinyatakan layak digunakan.


Kata Kunci


Videoscribe, YouTube Pembelajaran, Persamaan Lingkaran

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Algifari, 2013. Analisis Regresi Edisi 2. Yogyakarta. BPFE-Yogyakarta.

Arcana, I Nyoman. 2013. Bahan Pelatihan Tindakan Kelas Penyusunan Proposal. Surabaya. Unika Widya Mandala.

Budiargo, Dian. 2015. Berkomunikasi Ala Net Generation. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Feronita, Yesinta Lusiana. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe Pada Pokok Bahasan Nilai Mutlak Kelas X SMA”, Skripsi, tidak diterbitkan. Yogyakarta: FKIP UST.

Minarni. 2016. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Berbasis Video Menggunakan Aplikasi Videoscribe untuk Anak Kelas 2 Sekolah Dasar”, Jurnal Penelitian Dosen FIKOM (UNDA), Volume 5 Nomor 1, halaman. 2.

Prakoso, Kukuh. 2009. Lebih Kreatif dengan YouTube. ANDI : Yogyakarta.

Susiyana, Rudi dan Cepi Riyana. 2009. Media Pembelajaran. Wacana Prima: Bandung.

Setyosari, Punaji. 2008. “Pemilihan Media Pembelajaran”, Makalah Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) di Universitas Negeri Malang

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukani. 2012. “Memanfaatkan YouTube Sebagai Media Pembelajaran yang Interaktif, Menarik dan Menyenangkan”. Tersedia di http://guraru.org (diakses pada 24 November 2018)

Wigati, Sofyani. 2018. “Pengembangan YouTube Pembelajaran Berbasis Ki Hadjar Dewantara Untuk Materi Integral Tak Tentu di SMA”, Skripsi. Yogyakarta: FKIP UST.




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/union.v7i1.4052

Article Metrics

Sari view : 55 times
PDF - 22 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Lihat Statistik