Pengembangan Youtube Pembelajaran Kedudukan Garis Terhadap Lingkaran Di SMA Menggunaka Videoscribe

Siska Indiarti, I Nyoman Arcana

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengembangkan youtube pembelajaran materi pokok kedudukan garis terhadap lingkaran menggunakan videoscribe dan mengetahui kelayakannya. Penelitian ini merupakan R&D dengan model ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. Penelitian dilaksanakan di Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa dan diuji cobakan di SMA Negeri 1 Piyungan dengan 22 orang peserta didik kelas XI IPA. Instrumen yang digunakan yaitu angket ahli media dan materi, angket peserta didik, serta tes hasil belajar. Produk yang dihasilkan berupa Youtube Pembelajaran Kedudukan Garis Terhadap Lingkaran Menggunakan Videoscribe yang di upload di channel youtube “Taman Belajar”. Berdasarkan penilaian validator dan angket respon peserta didik, Youtube Pembelajaran Kedudukan Garis Terhadap Lingkaran Menggunakan Videoscribe dikategorikan valid dan baik. Persentase kelulusan hasil tes belajar sebesar 72.72% serta memiliki korelasi yang positif antara hasil tes belajar dengan angket respon peserta didik.

 


Kata Kunci


Youtube pembelajaran, Videoscribe, Kedudukan Garis Terhadap Lingkaran.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Budiargo, Dian. 2015. Berkomunikasi Ala Net Generation. Jakarta. PT Elex Media Komputindo.

Chun, Yi Min . 2013. Newsletter: Offline Of Integral Medical Education (5^thEd). University Of Toronto, Faculty Of Medicine.

Edison, E. 2017. “Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Pgmi Pada Mata Kuliah Matematika SD/MI Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe Di IAI Muhammadiyah Bima”. Jurnal Basicedu, 1(2), 59-65.

Feronita, Yesinta Lusiana. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe Pada Pokok Bahasan Nilai Mutlak Kelas X SMA”. (Skripsi). Yogyakarta: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.

Hakim, S. A. 2017. “Pengaruh Media Videoscribe Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan Di Kelas VII SMPN 1 Simpang Tiga Kabupaten Aceh Besar”. (Doctoral Dissertation, Uin Ar-Raniry Banda Aceh).

Minarni. 2016. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Berbasis Video Menggunakan Aplikasi Videoscribe Untuk Anak Kelas 2 Sekolah Dasar”. Jurnal Penelitian Dosen Fikom (Unda), Vol. 5 Nomor 1, Hlm 2.

Rahmawati, F., Soegimin, W. W., dan Kardi, S. 2016. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Videoscribe Pada Materi Kalor Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMAN 1 Kedungwaru”. Jpps (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains). 5(2), 1039-1047.

Sianipar, Aritas Puica. 2013. “Pemafaatan Youtube Di Kalangan Mahasiswa”. Jurnal Fisip Usu Medan, Flow, Vol 2 No 2, Hlm. 2.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung Alfabeta.

Wulandari, D. A. 2016. “Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Sparkol Videoscribe Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Cahaya Kelas VIII Di SMP Negeri 01 Kerjo Tahun Ajaran 2015/ 2016”. (Skripsi). Universitas Negeri Semarang.




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/union.v7i1.4053

Article Metrics

Sari view : 48 times
PDF - 26 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Lihat Statistik