PROBLEM SOLVING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Aries Yuwono

Sari


The problem has become inseparable in people's lives. Problems can not be viewed as the only burden the man alone, but instead should be viewed as a means to bring new discoveries. Problem solving is central in mathematics. This is because the troubleshooting is close to everyday life, as well as problem solving involves thinking optimally. How to solve a problem can use Polya steps, namely: (1) understand the problem, (2) make a plan troubleshooting, (3) make a plan, and (4) check the answers

Kata Kunci


problem, problem solving.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anderson, John R.. 1985. Cognitive Psychology and Its Implications. New York: W.H. Freeman and Company.

Becker, Lana dan Schneider, Kent N.. 2009. Memotivasi Anak Didik: 8 Langkah Sederhana bagi Guru. (online), (http://duniaguru.com, diakses 29 September 2009).

Davis, Brent dan Simmt, Elaine. 2003. Understanding Learning Systems: Mathematics Education and Complexity Science. Journal of Research in Mathematics Education. Vol 34, No 2, hal 137-167.

Dewiyani, M.J.. 2008. Mengajarkan Pemecahan Masalah Matematika Berlandaskan Perbedaan Peserta Didik. Makalah Disajikan pada Seminar Nasional Matematika di Institut Teknologi Sepuluh Surabaya, 13 Desember 2008.

Eggen, Paul D dan Kauchak, Donald P.. 1996. Strategi for Teacher: Teaching Content and Thinking Skills. Boston: Allyn & Bacon.

Hartoyo, Agung. 2000. Matematika dan Lingkungan Masyarakat. Makalah Disajikan pada Seminar Nasional di Universitas Negeri Yogyakarta, 22 Agustus 2000.

Hudojo, Herman. 1979. Pengembangan Kurikulum Matematika dan Pelaksanaannya di Depan Kelas. Surabaya: Usaha Nasional.

Maesuri, Siti. 2002. Proyek Matematika: Apa, Mengapa, dan Bagaimana?. Makalah Disajikan pada Seminar Nasional di Universitas Negeri Malang, 5 Agustus 2002.

Maier, Herman. 1995. Kompendium Didaktik Matematika. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Maliki, Zainuddin. 2009. Pendidikan Berbasis Keungggulan Lokal. Jurnal Reformasi Pendidikan Literasi. 1 (02): 1.

Mulyasa, E.. 2008. Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Orton, Anthony. 1992. Learning Mathematics: Issues, Theory and Classroom Practice. Wilts: Dotesios Ltd.

Pamungkas, Lea. 2009. Reformasi Matematika di SD, (online). (http://www.rnw.nl, diakses 29 September 2009).

Polya, G.. 1973. How to Solve It. New Jersey: Pricenton University Press.

________ . 1981. Mathematical Discovery. New York: John Wiley & Sons.

Priatna, Nanang. 2000. Pengaruh Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Pemecahan Masalah pada Siswa SLTP. Makalah Disajikan pada Seminar Nasional Matematika di Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, 2 Nopember 2000.

Qohar, Abd.. 2008. Komputer dalam Pembelajaran Matematika. Makalah Disajikan pada Seminar Nasional Mahasiswa S3 Matematika di Universitas Gajah Mada Yogyakarta, 31 Mei 2008.

Rizal, Muh.. 2009. Kemampuan Siswa Sekolah Dasar dalam Estimasi Berhitung. Makalah Disajikan pada Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Matematika di STKIP PGRI Tulungagung, 26 Maret 2009.

Ruseffendi, E.T.. 1980. Pengajaran Matematika Modern: Seri Kelima. Bandung: Tarsito.

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Soedjadi. 1999. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

_______. 2007. Masalah Kontekstual sebagai Batu Sendi Matematika Sekolah. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah Universitas Negeri Surabaya.

Someren, Maarten W. van, Yvonne F. Barnard, dan Jacobijn A.C. Sandberg. 1994. The Think Aloud Method: A Pratical Guide to Modelling Cognitive Processes. London: Academic Press.

Solso, Robert L.. 1995. Cognitive Psychology. Needham Heights: Allyn & Bacon.

Sriyanto, HJ. 2009. Menebar Virus Pembelajaran Matematika yang Bermutu, (online), (http://www.pmri.or.id, diakses 29 September 2009).

Sudarman. 2008(a). Adversity Quotien: Pembangit Motivasi Siswa dalam Belajar Matematika. Makalah Disajikan pada Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika di Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 21 Juni 2008.

_______. 2008(b). Kemampuan Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama yang “Quitter” dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Makalah Disajikan pada Seminar Nasional Matematika di Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, 13 Desember 2008.

Suharnan. 2005. Psikologi Kognitif. Edisi revisi. Surabaya: Srikandi.

Suherman, Erman (dkk). 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika FPMIPA UPI.

Widjajanti, Djamilah Bondan. 2008. Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika Melalui Perkuliahan Berbasis Masalah. Makalah Disajikan pada Seminar Nasional Mahasiswa S3 Matematika di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, 31 Mei 2008.

Wilson, Patricia S..(ed). 1993. Mathematical Problem Solving. National Council of Teacher of Mathematics. New York: Macmilan Publishing Company.

Zainurie. 2009. Pakar Matematika Bicara tentang Prestasi Pendidikan Matematika Indonesia, (online), (http://zainurie.wordpress.com diakses 29 September 2009).




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/.v4i1.420

Article Metrics

Sari view : 586 times
PDF - 7449 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##



Lihat Statistik