ANALISIS KESALAHAN MENGERJAKAN SOAL SISI TEGAK LIMAS SEGIEMPAT SISWA KELAS IX MTs NU SALAM TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Yuliani Yuliani

Sari


The purpose of this research to describe how far concept, procedure and calculation error are done by student and to know kind of error are dominant done by student in class IX MTs NU Salam. The type of this research is qualitative descriptive research. From analysis process, ascertainable that the student done the concept error 33%, procedure error 24%, and calculation error 43%.The calculation error are the most error doing by student.Threrefore, teacher shoud repair quality of learning activity in order to mathematics achievement of student increased.


Kata Kunci


error analyze, qualitative descriptive research, pyramid

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anis Sunarsi.2009. Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Luas Permukaan Serta Volume Prisma dan Limas pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Karanganyar Tahun Pelajaran 2008/2009.Surakarta: FKIP UNS.

Bermawi Munthe. 2009. Desain Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.

Dewi Nuharini, Tri Wahyuni. 2008. Matematika Konsep dan Aplikasinya Untuk Kelas VIII SMP dan MTs. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Eko Putro Widoyoko. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Margono S. 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Mulyono Abdurrahman. 1999. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sri Adi Widodo. 2013. Analisis Kesalahan Dalam Pemecahan Masalah Divergensi pada Mahasiswa Matematika. Hasil Penelitian. Yogyakarta: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.

Suharsimi Arikunto. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta. Tim Penyusun. 2012. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Edisi Baru. Jakarta: Tim Pustaka Phoenix.




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/.v4i2.452

Article Metrics

Sari view : 33 times
PDF - 27 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##



Lihat Statistik