Eksperimentasi Model Pembelajaran Teams Games Tournaments dan Make a Match Terhadap Hasil Belajar Matematika

Ajeng Puspitaningati, Istiqomah Istiqomah, Denik Agustito

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran yang lebih baik antara model pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) dengan Make a Match terhadap hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen yang sebenarnya. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan tes. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Bantul tahun ajaran 2018/2019. Sampel dari penelitian merupakan siswa kelas X TBSM 1 dan X TBSM 2. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournaments memiliki rata-rata sebesar 60,03 dan yang menggunakan model pembelajaran Make a Match memiliki rata-rata sebesar 68,03. Hasil statistik uji-t diperoleh Sig. 0,052 dan Sig. 0,053 di mana taraf signifikan yang digunakan adalah =0,05 artinya nilai signifikansi lebih dari 0,05. Jadi, Sig  maka H0 diterima, artinya model pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) tidak lebih baik dari pada model pembelajaran Make a Match terhadap hasil belajar matematika siswa.

Kata Kunci


Make a Match; Teams Game Tournaments; hasil belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amir, Z dan Risnawati. 2015. Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineke Cipta.

Arikunto, S. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Huda, M. 2014. Model–Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kusuma, A. P dan Ayunitis K. 2018. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match dan Teams Games Tournament terhadap hasil belajar”. Numerical: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. Vol 2. No 1. Hlm 1-14.

Pitaloka, Y. D dkk. 2012. “Keefektifan Model Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika”. Unnes Journal of Mathematics Education. Vol 1. No 2.

Rahmayanti, I. D. S., dan Koeswanti, H. D. 2017. “Penerapan Model Make a Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Siswa Kelas IV SD Negeri Diwak”. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol 5. No 3. Hlm 209-218.

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Safitri, R. D dkk. 2016. “Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament (TGT) dan Make a Match (MM) dengan Pendekatan Saintifik Pada Materi Himpunan Ditinjau Dari Kemampuan Penalaran Siswa Kelas VII SMP Negeri di Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2014/2015” Jurnal Elektronik Pembelajran Matematika. Vol 4. No 3. Hlm 376-389.

Sari, A. P dan Lisnawaty S. 2012. “Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Kooperatif Tipe MM dan TGT dengan bantuan Powerpoint”. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. Hlm 1-9.

Sriyani dan Widodo W. 2018. “Perilaku Belajar Efektif Terhadap Kemampuan Kognitif Psikomotorik Siswa Dalam Pembelajaran Matematika”. IndoMath: Indonesia Mathematics Education. Vol 1. No 2. Hlm 77-92.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, cv.

Supratiwi, N 2015. Studi Komparasi Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Make a Match dan Model Pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) Pada Materi Pokok Lingkaran Kelas VIII SMP Negeri 01 Toroh Tahun Pelajaran 2014/2015: Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Taniredja, T dkk. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta, cv.

Wahidmurni, dkk. 2010. Evaluasi Pembelajaran: Kompetensi dan Praktik. Yogyakarta: Nuha Lentera.




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/union.v7i3.4788

Article Metrics

Sari view : 92 times
PDF - 55 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Lihat Statistik