Modul Geometri Kubus dan Balok pada Pembelajaran Think Pair Share Berbasis Ajaran Ki Hadjar Dewantara

sumiati sumiati, I Nyoman Arcana, Irham Taufiq

Sari


Tujuan penelitian ini adalah (1) mengembangkan modul untuk pembelajaran Think Pair Share berbasis ajaran Ki Hadjar Dewantara materi geometri kubus dan balok di SMP. (2) mengetahui tingkat kelayakan modul untuk pembelajaran Think Pair Share berbasis ajaran Ki Hadjar Dewantara. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan prosedur pengembangan Borg & Gall yang terdiri dari 10 langkah, tetapi hanya dibatasi sampai 5 langkah. Hasil penelitian ini adalah produk berupa modul pembelajaran dengan judul “Belajar Kubus & Balok dengan 3N”. Berdasarkan hasil validasi ahli materi, modul pembelajaran yang dibuat memperoleh skor rerata 3,5 dan validasi ahli modul memperoleh skor rerata 3,8 serta angket respon peserta didik memperoleh skor rerata 91,44 dan persentase keterlaksanaan pembelajaran adalah 92%. Kelayakan juga didukung oleh korelasi skor angket respon peserta didik dengan tes hasil belajar yaitu dengan kriteria kelayakan berada pada kategori sedang, sehingga modul pembelajaran ini layak untuk digunakan.

Kata Kunci


Geometri Kubus dan Balok; Modul Pembelajaran; Niteni Nirokke Nambahi,

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arends, Richard I. 2001. Learning to Teach, fifth edition. Singapore: McGraw-Hill Book Co.

Novita, Rita. 2014. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Pada Materi Trigonometri di Kelas XI IA1 SMA Negeri 8 Banda Aceh. Jurnal MIPA (Vol. 5 Nomor 1). Hlm. 2.

Kaddoura, M. 2013. Think Pair Share: A teaching Learning Strategy to Enhance Students' Critical Thinking Educational Research Quarterly. ProQuest. Volume 36.4. page 3.

Sofanudin, Aji. 2016. Manajemen Inovasi Pendidikan Berorientasi Mutu pada Mi Wahid Hasyim Yogyakarta. Jurnal.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Surabaya: Kencana Prenada Media Group.

Yunianto. 2014. Niteni, Nirokke, Nambahi Sebagai Proses Berpikir Kreatif. Jurnal Seni Rupa (Vol. 2 Nomor 2). Hlm.128-129.




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/union.v7i3.5200

Article Metrics

Sari view : 27 times
PDF - 30 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Lihat Statistik