Pengembangan Perangkat Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Quipper School

patmi patmi, Rizqi Amaliyakh sholikhakh, ibnu sina

Sari


Penelitian ini adalah penelitian pengembangan perangkat pembelajaran Problem Based Learing berbantuan quipper school. Tujuan penelitian untuk memperoleh perangkat pembelajaran yang valid dan praktis. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian dilaksanakan di SMPN 2 Brebes. Metode penelitian mengunakan model pengembangan 4D Thiagarajan yang telah dimodifikasi menjadi 3D, yakni Define (Pendefisian), Design (Perancangan), dan Develop(Pengembangan). Hasil penelitian berupa perangkat pembelajaran yang terdiri atas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Tugas Siswa (LTS) berbantuan quipper school menunjukan pembelajaran dikembangakan dengan valid dan praktis. Dikatakan valid karena ahli menilai bahwa  pembelajaran ini dikategorikan  reseasangat baik. Praktis, karena siswa memberika respon positif dan guru memberikan penilaian yang sangat baik. Hasil yang didapatkan dari pengembangan perangkat pembelajaran Problem Based Learning berbantuan quipper school valid dan praktis.

Kata Kunci


perangkat pembelajaran; problem based learning; quipper school

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Angkotasan, N. 2013.Model PBL Dan Cooperative LearningnTipe TAI Ditinjau Dari Aspek Kemampuan Berpikir Refleksi Dan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal pendidikan matematika. 92-100.

Arends, Richard I. 2008. Learning to Teach (Belajar untuk Belajar). Terjemahan Heily Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini Soetjipto. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Fadli, M.F dan Isnani. 2018. Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Powerpoint Terhadap Prestasi Belajar. Dialektika P. Matematika. 5 (2). 86-97.

Lestari, Karunia Eka, Mokhammad Ridwan Yudhanegara. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama,

Mutia, M., Budi, A.S. and Serevina, V., 2014, October. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Sma Berbasis Problem Based Learning Sebagai Implementasi Scientific Approach Dan Penilaian Authentic. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL) (Vol. 3, pp. 169-184).

Poppy Kamaila Devi, dkk. 2009. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Untuk Guru Smp. Jakarta : PPPPTK IPA.

Purwasih, Ratni. "Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis dan Self Confidence Siswa MTS di Kota Cimahi Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing." Didaktik 9.1 (2015): 16-25.

Sholikhakh, RA, Heru Pujiarto, dan Suwandono. 2019. Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Minat dan Prestasi Belajar Matematika. Journal Of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang. 1(3),33-39.

Sulistyani, Niluh, Heri Retnawati. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Bangun Ruang Di Smp Dengan Pendekatan Problem Based Learning. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 2(2). 197-210

Supriani, Yani. 2017. Menumbuhkan kemandirian belajar matematika siswa berbantuan quipper school. JIPMat 1.2 (2017).




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/union.v7i3.5276

Article Metrics

Sari view : 25 times
PDF - 31 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Lihat Statistik