Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau dari Tingkat Kesejahteraan Keluarga dan Kecerdasan Emosional Siswa

Ahmad - Maulana, suryadi - suryadi

Sari


Tujuan penelitian adalah; 1) untuk mengetahui pengaruh tingkat kesejahteraan keluarga terhadap pemahaman konsep matematika, 2) untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional siswa terhadap pemahaman konsep matematika, 3) untuk mengetahui secara simultan pengaruh tingkat kesejahteraan keluarga dan kecerdasaan emosional siswa terhadap pemahaman konsep matematika, 4) untuk mengetahui korelasi antara tingkat kesejahteraan keluarga dan kecerdasan emosional siswa terhadap pemahaman konsep Matematika.  Metode penelitian adalah deskriptif verifikatif melalui pendekatan ex post facto dan survey. Instrumen yang digunakan adalah kuisioner yang dibagikan kepada siswa. Hasil penelitian adalah; 1) terdapat pengaruh pengaruh tingkat kesejahteraan keluarga terhadap pemahaman konsep matematika, terdapat pengaruh kecerdasan emosional siswa terhadap pemahaman konsep Matematika, 3) tingkat kesejahteraan keluarga dan kecerdasaan emosional siswa terhadap pemahaman konsep matematika. 4) terdapat korelasi antara tingkat kesejahteraan keluarga dan kecerdasan emosional siswa terhadap pemahaman konsep matematika.

Kata Kunci


pemahaman konsep matematika; tingkat kesejahteraan keluarga; kecerdasan emosional

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdulsyani. (2007). Sosiologi Skematika Teori dan Terapan. Jakarta:Bumi Aksara.

Anas Sudijono. (2009). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.

Suharsimi, Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:PT RinekaCipta.

Ating Soemantri, Ali Sambas. (2006). Aplikasi Statistika Dalam Penelitian. Bandung:CV Pustaka Setia.

Dwi Sunar Prasetyono. (2010). Tes IQ dan EQ plus. Yogyakarta:Buku Biru.

Daniel Goleman. (2009). Emotional Intelligence Kecerdasan Emosional. Jakarta:PT Sun.

Depdikbud. (2003). Undang-Undang RI N0 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Semarang: Aneka Ilmu.

Ngalim Purwanto. (2007). Psikologi Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.

Riduwan. (2007). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: ALFABETA.

Sudjana, Nana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosda karya.

Slameto. (2003). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/union.v7i3.5583

Article Metrics

Sari view : 17 times
PDF - 34 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Lihat Statistik