Model Experiential Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Matematika

Dyahsih Alin Sholihah, Widha Nur Shanti, Ahmad Anis Abdullah

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model experiential learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa pendidikan matematika. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain pretest-posttest kelompok tunggal. Populasi dari penelitian ini mencakup seluruh mahasiswa Pendidikan Matematika di Universitas Alma Ata. Dari populasi yang ada diambil sampel secara acak sebanyak satu kelas sebagai sampel penelitian. Untuk mengumpulkan data penelitian, digunakan instrumen berupa tes kemampuan berpikir kritis. Sedangkan untuk menguji pengaruh penerapan model experiential learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, data dianalisis dengan menggunakan uji-t berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa ada pengaruh penerapan model experiential learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa.

Kata Kunci


model experiential learning; kemampuan berpikir kritis

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Azizi, A., Susanto, & Pambudi, D. S (2013). Penerapan Model Experiential Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pokok Bahasan Unsur Lingkaran Siswa Kelas VIII SMP Salafiyah Miftahul Huda Jenggawah Tahun Ajaran 2012/2013. Kadikma, 4 (3), 113-120.

Kolb, D. A. (1984). Experiential Leraning: Experience as The Source of Learning and Development. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall, Inc.

Lestari, I. F., Rusnayati, H., & Rochman, C. (2017). Model Pembelajaran Experiential Kolb untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Fluida Statis. Prosiding, Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains (SNIPS) yang Diselenggarakan oleh FMIPA ITB, tanggal 26-27 Juli 2017, Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Paradesa, R. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Mahasiswa Melalui Pendekatan Konstruktivisme pada Matakuliah Matematika Keuangan. Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (2), 306-325.

Peter, E. E. (2012). Critical Thinking: Essence For Teaching mathematics and Mathematics Problem Solving Skills. African Journal of Mathematics and Computer Science Research, 5 (3), 39-43.

Razak, F. (2017). Hubungan Kemampuan Awal terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika pada Siswa Kelas VII SMP Pesantren IMMIM Putri Minasatena. Jurnal Musharafa. 6 (1): 117-128.

Richardo, R., Martyanti, A., & Suhartini. (2018). Analisis Kebutuhan Pengembangan Subject Specific Pedagody Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Journal of Mathematics Education, 8 (2), 138-144.

Sabandar, J. (2007). Berpikir Reflektif. Prosiding, Seminar Nasional Pendidikan Matematika yang Diselenggarakan oleh FPMIPA UPI, tanggal 8 Desember 2007, Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Shanti, W. N., Sholihah, D. A., & Martyanti, A. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Problem Posing. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 8 (1), 48-58.

Sholihah, D. A., & Mahmudi, A. (2015). Keefektifan Experiential Learning Pembelajaran Matematika MTs Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2 (2), 175-185.

Sholihah, D. A., & Shanti, W. N. (2018). Pembelajaran Konflik Kognitif Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6 (1), 71-82.

Somakim. (2011). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sekolah Menengah dengan Penggunaan Pendidikan Matematika Realistik. Jurnal Forum MIPA, 14(1), 42-48.

Zetriuslita, Ariawan, A., & Nufus, H., (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Uraian Kalkulus Integral Berdasrkan Level Kemampuan Mahasiwa. Jurnal Ilmiah Prodi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 5 (1): 56-65.




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/union.v7i3.5844

Article Metrics

Sari view : 64 times
PDF - 46 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Lihat Statistik