Problem Based Learning pada Pembelajaran Literasi Matematika: Studi Quasi Eksperimental pada Mahasiswa PGSD

via yustitia

Sari


Literasi matematika adalah kemampuan individu dalam merumuskan, menerapkan, dan menafsirkan matematika pada berbagai konteks. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan apakah terdapat pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan literasi matematika mahasiswa PGSD di Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini mahasiswa PGSD angkatan 2018. Penelitian ini menggunakan simple random sampling yang kemudian terpilih kelas 2018 E sebagai kelas eksperimen dan 2018 F sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan adalah metode tes. Instrumen yang digunakan adalah soal tes yang diadaptasi dari soal PISA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan pada model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan literasi matematika mahasiswa PGSD.

Kata Kunci


literasi matematika; problem based learning

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adiwiguna, P. S., Dantes, N. and Gunamantha, I. M. (2019) ‘Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berorientasi STEM Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Literasi Sains Siswa Kelas V Sd Di Gugus I Gusti Ketut Pudja’, 3(2), pp. 94–103. Available at: http://oldpasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas /article/view/2871.

Argaw, A. S. et al. (2017) ‘The effect of problem based learning (PBL) instruction on students’ motivation and problem solving skills of physics’, Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(3), pp. 857–871. doi: 10.12973/eurasia.2017.00647a.

Camacho, H., Coto, M. and Jørgensen, K. M. (2018) ‘How Does Organisational Culture Influence the Process of Change towards PBL?.’, Journal of Problem Based Learning in Higher Education, 6(2), pp. 32–57.

Gunantara, G., Suarjana, M. and Riastini, P. N. (2014) ‘Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan’, Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), pp. 1–10.

Hillman, A. M. (2014) ‘A literature review on disciplinary literacy: How do secondary teachers apprentice students into mathematical literacy?’, Journal of Adolescent and Adult Literacy, 57(5), pp. 397–406. doi: 10.1002/jaal.256.

Mansur, N. (2018) ‘Melatih Literasi Matematika Siswa dengan Soal PISA’, Prisma, 1, pp. 140–144.

OECD (2019) PISA 2018 Assessment and Analytical Framework, OECD Report. Paris: OECD Publishing. doi: 10.1787/9789264190511-en.

Shofiyah, N. and Wulandari, F. E. (2018) ‘Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Melatih Scientific Reasoning Siswa’, Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(1), p. 33. doi: 10.26740/jppipa.v3n1.p33-38.

Tariq, V. N. et al. (2013) ‘Mathematical literacy in undergraduates: role of gender, emotional intelligence and emotional self-efficacy’, International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 44(8), pp. 1143–1159. doi: 10.1080/0020739X.2013.770087.

Wijnen, M. et al. (2017) ‘Comparing problem-based learning students to students in a lecture-based curriculum: learning strategies and the relation with self-study time’, European Journal of Psychology of Education, 32(3), pp. 431–447. doi: 10.1007/s10212-016-0296-7.

Yuliana, Y. and Firmansah, F. (2018) ‘the Effectiveness of Problem-Based Learning With Social Media Assistance To Improve Students’ Understanding Toward Statistics’, Infinity Journal, 7(2), p. 97. doi: 10.22460/infinity.v7i2.p97-108.

Yustitia, V., Rusminati, S. H. and Sulistyawati, I. (2018) ‘Implementasi lesson study menggunakan model think pair share dan pendekatan saintifik’, 8(1), pp. 88–97. doi: 10.25273/pe.v8i1.2621.




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/union.v7i3.5912

Article Metrics

Sari view : 40 times
PDF - 24 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Lihat Statistik