Pengembangan Media Pembelajaran untuk Materi FPB dan KPK bagi Siswa Sekolah Dasar Kelas IV

Sunyoto Hadi Prayitno, Hanim Faizah

Sari


Pengembangan media pembelajaran dibutuhkan dalam pelaksanaan pembelajaran, terutama di tingkat Sekolah Dasar (SD). Hal ini dikarenakan siswa SD masih dalam ranah berpikir operasional konkret. Sedangkan sebagian besar konsep dalam matematika adalah hal yang abstrak. Media pembelajaran matematika perlu dikembangkan untuk mempermudah siswa dalam memahami konsep-konsep matematika, salah satunya adalah media pembelajaran untuk konsep Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK). Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran “Camat FPB-KPK”. Pengembangan Media ini menggunakan model pengembangan Plomp. Penelitian ini dibatasi hingga diperoleh hasil uji coba terbatas penggunaan Media Pembelajaran “Camat FPB-KPK”. Hasil yang diperoleh dalam uji coba terbatas adalah respon siswa baik, respon guru baik, hasil tes pemahaman siswa diketahui siswa dapat menyelesaikan 4 soal dari 5 soal yang diberikan dengan baik.

Kata Kunci


Pengembangan Media; Model Plomp; Camat FPB-KPK

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Faturahman, dkk. (2012). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Hamalik, O. (2003). Media Pendidikan. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.

Karo Karo S, Isran Rasyid, dan R. (2018). Manfaat Media dalam Pembelajaran. Axiom, VII(1), 91–96.

Kemp, J. E., dan Dayton, D. K. (1985). Planning dan Producing Instructional Media. New York: Cambridge: Harper & Row Publishers.

Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. VIII(2).

Plomp, T. (1997). Educational & Training System Design. Endesche, Netherland: Faculty of Educational Science and Technology University of Twente.

Pradana, F., Bachtiar, B., Pd, M., & Surabaya, S. (n.d.). Pengembangan Media Komputer Pembelajaran pada Mata Pelajaran Matematika tentang Menghitung KPK & FPB.

Purbasari, Rohmi Julia; Kahfi, Shohibul M.; Yunus, M. (2013). Pengembangan Aplikasi Android sebagai Media Pembelajaran Matematika pada Materi Dimensi Tiga untuk Siswa SMA Kelas X.

Rustaman, N. (2001). Strategi Belajar mengajar. JICA IMSTEP.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susilana, R. dan R. (2009). Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV. Wacana Prima.

Wulandari, H. A. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Tematik Kelas III Tema Keperluan Sehari-hari. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 26–39.




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/union.v7i3.5935

Article Metrics

Sari view : 122 times
PDF - 56 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Lihat Statistik