Pengaruh Model Pembelajaran Novick Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa SMP

Sulistiawati Sulistiawati, Bobbi Rahman, Gresela Alatubir

Sari


Muncul fakta bahwa kemampuan pemahaman konsep siswa SMP masih rendah, sehingga diperlukan penerapan strategi pembelajaran baru untuk melatihnya, yaitu model pembelajaran Novick. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki apakah kemampuan pemahaman konsep siswa yang menggunakan model pembelajaran Novick lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen, desainnya nonequivalent posttest-only control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Insan Kamil Legok, Tangerang, dengan sampel siswa kelas VIII.2 (28 siswa) dan kelas VIII.3 (31 siswa) secara convenience sampling. Instrumen berupa tes uraian, tentang kemampuan pemahaman konsep sebanyak 7 butir. Hasil penelitian memperlihatkan rata-rata nilai kemampuan pemahaman konsep siswa kelas eksperimen sebesar 54,97 dan siswa kelas kontrol sebesar 45,27. Hasil dari uji Mann-Whitney data posttest diperoleh zhitung = 2,43 > ztabel = 1,65. Artinya, kemampuan pemahaman konsep siswa yang menggunakan model pembelajaran Novick lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional.

Kata Kunci


pemahaman konsep; Model Pembelajaran Novick; pembelajaran konvensional

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andriana, U. 2017. Pengaruh Strategi Pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII SMP. Skripsi. Tidak diterbitkan. Program Studi Pendidikan Matematika. STKIP Surya: Tangerang.

Andriani, G.A.K.R, Antari, N.N.M, & Rati, N.W. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Novick Terhadap Aktivitas Belajar IPA Siswa Kelas V di Gugus 1 Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2013/2014. Mimbar PGSD Undiksha, Volume 2, Nomor 1.

Batubara, I.H. 2017. Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsp Matematis Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Autograph dan Geogebra di SMA Freemethodist Medan. MES (Journal of Mathematics Education and Science), Volume 3 Nomor 1, halaman 47-54.

Ibrahim. 2017. Perpaduan Model Pembelajaran Aktif Konvensional (Ceramah) dengan Kooperatif (Make a Match) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, dan Humaniora, Volume 3 Nomor 2, halaman 199-211.

Lestari, E. 2018. Model Pembelajaran Novick Pada Pemahaman Konsep Matematis. Skripsi. Tidak diterbitkan. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa: Langsa

Lestari, K.E. & Yudhanegara, M.R. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika: Panduan Praktis Menyusun Skripsi, Tesis, dan Laporan Penelitian dengan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi Dsertai dengan Model Pembelajaran dan Kemampuan Matematis. Bandung: Refika Aditama.

Mardini. 2008. Pengaruh Pembelajaran Kontekstual dan Konvensional terhadap Keterampilan Komunikasi Terapeutik ditinjau dari Tingkat Pengetahuan Awal. Tesis. Tidak diterbitkan. Program Studi Kedokteran Keluarga.Universitas Sebelas Maret Surakarta: Surakarta.

Marlina, R. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Konstruktivisme Tipe Novick Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Relasi dan Fungsi pada Siswa SMP. Skripsi. Tidak diterbitkan. Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah: Jakarta.

Novick S. & J. Nussbaum. 1982. Alternatisve Framework, Conceptual Conflict and Accommodation: Toward a Principled Teaching Strategy. Journal Instructional Science, Volume 11 Nomor 3, halaman 183-200.

Permendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No.58 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Prayitno B.A. & Sugiharto, B. 2017. Komparasi Model Pembelajaran Konstruktivis Metakognitif Dan Konstruktivis Novick Terhadap Berpikir Kritis Ditinjau Dari Kemampuan Akademik. Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, Volume 11 Nomor 1, halaman 25-50.

Putri, P.M. & Irwan. 2012. Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Turunan Melalui Pembelajaran Teknik Probing. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 1 Nomor 1, halaman 68-72.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sukmawati, R. 2017. Pengaruh Pembelajaran Interaktif dengan Strategi Drill Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, Volume 10 Nomor 2, halaman 95-104.

Yuliyanto, A., Fadriyah, A., Yeli, K.P., & Wulandari, H. 2018. Pendekatan Saintifik untuk Mengembangkan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa SD. METODIK DIDAKTIK – Jurnal Pendidikan ke-SD-an, Volume 13 Nomor 2, halaman 87-89.




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/union.v7i3.6107

Article Metrics

Sari view : 164 times
PDF - 62 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Lihat Statistik