KUALITAS DAN DESAIN PRODUK DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN DAN LOYALITAS KONSUMEN (STUDI KASUS BAJU DAGADU YOGYAKARTA)

dani haris

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk  menganalisis  pengaruh kualitas produk dan desain produk dengan variabel intervening , produk dagadu Di YogyatouriumYogyakarta. Hasil penelitian adalah hipotesis pertama hingga hipotesi ketiga ditolak. hipotesis keempat diterima. Hipotesa Kelima dan hipotesis keenam juga ditolak. hipotesa ketujuh diterima. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah: kualitas produk berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen; Desain produk berpengaruh positif tidak signifikan terhadap  kepuasan konsumen namun signifikan terhadap loyalitas konsumen; Kepuasan Konsumen berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap terhadap loyalitas konsumen; Pengaruh kualitas produk dengan kepuasan sebagai variabel intervening tidak mampu memberi berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan loyalitas konsumen; dan Pengaruh desain produk dengan kepuasan sebagai variabel intervening mampu memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan loyalitas konsumen.

 

Kata kunci: Kualitas Produk, Desain Produk, Kepuasan, Loyalitas Konsumen


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Crosby, P.B 1979 Dalam buku Quality is Free. McGraw-Hill.

Griffin, Jill. 2010. Customer Loyalty, Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Alih Bahasa Dwi Kartini Yahya. Jakarta: Erlangga.

Juran, J.M. 1993. Quality Planning and Analysis. Third edition. New York: McGraw-

Hill.

Kesuma, K.T. 2012. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus. Pengguna Samsung Android Phone Di PT. EricsonIndonesia) Universitas Indonesia.

Kurniasih, I.W. 2012. Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap loyalitas Pelanggan Melalui Variabel Kepuasan (Studi Pada Bengkel Ahass 0002-Astra Motor Siliwangi Semarang). Universitas Diponogoro.

Kotler, P. Dan Keller, K. L. (2008) Manajemen Pemasaran edisi 12. PT. Indeks.

Nurullaili. 2013. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen Tupperware. (Studi Kasus Pada Konsumen Tupperware Di Universitas Diponogoro) .

Nuremah, S. 2013. Pengaruh Desain Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Perusahan Nurul Collection Tasikmalaya. Universitas Siliwangi Tasikmalaya.

Prahastuti, L. 2011. Analisis pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen untuk meningkatkan loyalitas pelanggan konusumen indosat.

Sari, R.M. 2015. Pengaruh Kualitas Produk Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Pelanggan Sophie Martin Di Surakarta. Universitas Muhammadyah Surakarta.

Stanton, W.J. 1981 (dalam Alma.B) manajemen Pemasaran

Supeni, N. 2014. Pengaruh Kualitas Prdouk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Matahari Departement Stor Jember. Manajemen STIE Mandala Jember.

Sutrisni. 2010. Analisis Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Kualitas Desain, Harga, Dan kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Indosat IM3 Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi.Di Universitas Di Ponogoro Semarang.

Tajab, U.M. 2017. Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Desain Produk Sepeda Motor Honda Scoopy Fi Dengan Kepuasaan Konsumen (Studi Kasus Pt Tunas Dwipa Matra Raden Intan Bandar Lampung) Jurusan Ekonomi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Lampung.

Tjiptono, F .2012. Pemasaran Strategik. Penerbit Andi

Wiyono, G. 2011. Merancang Penelitian Bisnis Dengan Alat Analisis SPSS 17.0 Dan Semart PLS 20. UPP STIM YKPN. Yogyakarta


Article Metrics

Sari view : 73 times
PDF - 32 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


ISSN (cetak)  : 2614-0888

ISSN (online) : 2580-4553

Web
Analytics View UPADEWA Stats

Program Studi Magister Manajemen - Fakultas Ekonomi
Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
JL. Kusumanegara No.121, Mujamuju, Umbulharjo, Yogyakarta, 55165
Phone/Fax. +62274-542224 
Email: upadewa_mm@ustjogja.ac.id

          

Link DOAJ                                                   Link Google Scholar                  Link Portal Garuda

Creative Commons License
Upajiwa Dewantara is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.