EFEK PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP KEPUASAN DAN WOM DESTINASI WISATA CANDI BOROBUDUR

Gendro Wiyono

Sari


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh partisipasi masyarakat terhadap kepuasan pengunjung candi borobudur serta dampaknya terhadap word of mouth (WOM). Sampel yang diambil sebanyak 100 responden, sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan syarat responden sudah pernah berkunjung sebelumnya ke candi Borobudur. Analisis data menerapkan pemodelan dengan bantuan software SmartPLS 3.2.8. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi masyarakat berpengaruh positip dan signifikan baik terhadap kepuasan wisatawan maupun terhadap WOM. Selain itu kepuasan wisatawan juga berpengaruh positip dan signifikan terhadap WOM. 


Kata Kunci: Partisipasi Masyarakat, Kepuasan Wisatawan, Word Of Mouth


Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26460/mmud.v3i1.4523

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.26460/mmud.v3i1.4523.g2387

Article Metrics

Sari view : 206 times
PDF - 129 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


ISSN (cetak)  : 2614-0888

ISSN (online) : 2580-4553

Web
Analytics View UPADEWA Stats

Program Studi Magister Manajemen - Fakultas Ekonomi
Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
JL. Kusumanegara No.121, Mujamuju, Umbulharjo, Yogyakarta, 55165
Phone/Fax. +62274-542224 
Email: upadewa_mm@ustjogja.ac.id

Creative Commons License
Upajiwa Dewantara is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.