Kebijakan Editorial

Fokus dan Ruang Lingkup

Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan adalah wadah publikasi ilmiah dalam bidang pendidikan dan pengajaran yang merupakan hasil penelitian ataupun review artikel.

Ruang lingkup Kependidikan diantaranya adalah

1. Kependidikan Vokasi

2. Kependidikan Matematika dan IPA

3. Kependidikan Bahasa dan Seni

4. Kependidikan Sekolah Dasar

5. Kependidikan Ilmu Sosial

6. kependidikan Etnosains

7. Pendidikan Karakter

8. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus

 

Kebijakan Bagian

Artikel

Centang Naskah Terbuka Centang Diindeks Centang Telah di-Peer review
 

Proses Peer Review

Artikel yang dikirimkan ke jurnal ini akan melewati 2 tahap review, yaitu pra-penelaahan (pre-review) dan penelaahan (review) substansi. Pra-penelaahan artikel dilakukan oleh tim penyunting (editor) untuk melihat kesesuaian artikel dengan fokus dan ruang lingkup jurnal serta gaya selingkung. Pemeriksaan unsur plagiasi dilakukan melalui pencarian di Google Scholar dan Plagiarism Checker-X Pro. Lama waktu Pra-penelaahan antara 1-2 minggu. Penelaahan substansi dilakukan oleh setidaknya 2 orang mitra bestari (penelaah / reviewer) secara single-blind. Lama waktu review antara 3-8 minggu. Jika dikehendaki, reviewer dapat meminta review ulang setelah penulis merevisi artikelnya.

Keputusan untuk publikasi, amandemen, atau penolakan didasarkan pada laporan atau rekomendasi mereka. Akan ada empat jenis keputusan editor berdasarkan rekomendasi pengulas:

  1. Accept Submission: Pengajuan akan diterima tanpa revisi.
  2. Revisions Required: Pengajuan akan diterima setelah perubahan kecil telah dilakukan. Artikel yang dikirim kembali ke penulis untuk revisi harus dikembalikan ke editor tanpa penundaan. Artikel yang direvisi yang dikembalikan lebih dari 30 hari akan dianggap sebagai pengiriman baru. Artikel yang direvisi dapat dikirim ke editorial melalui Online Submission Interface.
  3. Resubmit for Review: Pengajuan harus dikerjakan ulang, tetapi dengan perubahan signifikan, dapat diterima. Akan membutuhkan tinjauan ulang babak kedua.
  4. Decline Submission: Pengajuan tidak akan dipublikasikan di jurnal.

Artikel-artikel yang dipublikasikan di Wacana Akademika direview terlebih dahulu oleh Mitra Bebestari (Reviewer) sebelum diterbitkan. Keputusan diterima tidaknya artikel untuk diterbitkan menjadi kewenangan Ketua Editor berdasarkan rekomendasi dari para reviewer. Artikel yang telah dinyatakan diterima dan telah di-layout akan diterbitkan dalam nomor In Progress di nomor berikutnya sebelum nomor regular terbit sesuai jadwal agar segera dapat di-index dan citable.

Screening Plagiarism terhadap naskah-naskah yang masuk ke jurnal ini dilakukan dengan bantuan Plagiarism Checker-X Pro.

 

 

Frekuensi Penerbitan

Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan terbit dua kali dalam setahun, yaitu bulan Mei dan November. setiap terbitan memuat 10 artikel

 

Kebijakan Akses Terbuka

Jurnal ini menyediakan akses terbuka langsung ke kontennya dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.

Semua artikel yang diterbitkan Akses Terbuka akan segera gratis dan permanen untuk dibaca dan diunduh oleh semua orang. Kami terus bekerja dengan komunitas penulis kami untuk memilih pilihan lisensi terbaik: Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA)

 

Pengarsipan

OJS sistem LOCKSS berfungsi sebagai sistem pengarsipan terdistribusi antar-perpustakaan yang menggunakan sistem ini dengan tujuan membuat arsip permanen (untuk preservasi dan restorasi). Lanjut...

 

Plagiarisme

Setiap naskah yang diterbitkan terlebih dahulu dilakukan proses pengecekan plagiarisme dengan software PlagiarismCheckerX. Naskah akan diproses apabila hasil scan plagiarisme menunjukan hasil dibawah 25%

 

Template Artikel

Template artikel Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kepedndidikan dapat diunduh disini

 

Manajemen Referensi

Artikel yang dikirimkan ke Wacana Akademika disarankan menggunakan aplikasi manajemen referensi seperti Mendeley, Zotero atau EndNote

 

 

Etika Publikasi

Artikel yang diterbitkan di Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan adalah bagian penting dalam pengembangan pengetahuan yang koheren dalam bidang pendidikan matematika dan ini merupakan cerminan langsung dari kualitas penulis dan institusi. Oleh karena itu penting untuk menyepakati etika publikasi yang diharapkan untuk semua pihak yang terlibat dalam tindakan penerbitan: penulis, editor jurnal, reviewer, penerbit dan masyarakat. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan berkomitmen untuk menjamin bahwa semua prosedur dilakukan objektif dan intelektual. Selanjutnya, para editor dan reviewer mengevaluasi manuskrip tanpa memperhatikan ras, jenis kelamin, orientasi seksual, kepercayaan agama, asal etnis, kewarganegaraan, atau kepentingan politik dan kelompok tertentu. Perangkat lunak digunakan untuk menghindari plagiarisme di antara artikel.

Berikut tugas penulis, reviewer, editor bagian dan ketua editor.

Tugas Penulis:

  1. Artikel yang dikirim penulis merupakan hasil pemikiran dan penelitian yang orisinil, jujur, bebas dari plagiarisme dan manipulasi data.
  2. Artikel yang dikirim belum pernah dipublikasikan dan/atau sedang dalam proses pengajuan ke jurnal lain.
  3. Kutipan yang ada dalam naskah harus disertai sumber kutipan yang jelas dan dicantumkan dalam referensi.
  4. Setiap personel (mahasiswa atau supervisor) yang masuk dalam skema penelitian harus dimasukan menjadi penulis.
Tugas Reviewer:
  1. Reviewer bertanggung jawab untuk merekomendasikan kelayakan publikasi naskah yang dikirimkan.
  2. Reviewer berhak memberi kritik dan saran yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas naskah yang dikirimkan.
  3. Bisa menolak untuk meninjau kiriman apapun karena ada konflik kepentingan atau pengetahuan yang tidak memadai.
  4. Mereview semua pengajuan secara objektif, adil dan profesional.
  5. Ungkapkan kesalahan etika yang dihadapi saat meninjau kembali Ketua Editor untuk tindakan lebih lanjut.
  6. Harus memastikan keaslian penyerahan dan waspada terhadap plagiarisme dan publikasi yang berlebihan.
  7. Patuhi waktu yang dialokasikan untuk proses review.
  8. Permintaan perpanjangan untuk mereview penyerahan adalah atas pertimbangan ketua editor.

Tugas Editor:

Secara aktif berkontribusi pada pengembangan dan kebaikan jurnal.

  1. Bertindak sebagai duta jurnal.
  2. Terus mendukung dan mempromosikan jurnal.
  3. Melaksanakan tugas yang diberikan oleh ketua editor.
  4. Meninjau kembali pekerjaan yang ditugaskan padanya. 

Tugas Ketua Editor:

  1. Ketua editor bertanggung jawab untuk menentukan artikel yang akan masuk dalam proses review.
  2. Mengevaluasi artikel secara adil dan intelektual.
  3. Memastikan kerahasiaan manuskrip dan tidak mengungkapkan informasi apapun mengenai manuskrip kepada orang lain selain orang-orang yang terlibat dalam proses penerbitan.
  4. Memiliki tanggung jawab untuk memutuskan kapan dan artikel mana yang akan diterbitkan melalui rapat dewan editor.
  5. Secara aktif mencari pandangan anggota dewan, reviewer dan penulis tentang bagaimana memperbaiki / meningkatkan citra dan visibilitas jurnal.
  6. Memberikan instruksi yang jelas kepada kontributor potensial mengenai proses pengajuan dan apa yang diharapkan dari penulis.
  7. Memastikan reviewer yang tepat dipilih untuk proses reviewer.

 

Lisensi

Jurnal ini memungkinkan untuk Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial sesuai dengan CC BY SA. Lisensi ini memungkinkan orang lain mendistribusikan, mencampur, mengubah, dan membangun pekerjaan Anda, bahkan secara komersial, selama mereka mengkredit Anda untuk penciptaan asli.

 

Abstraksi dan Indeksisasi

Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan telah terindeks dan berada pada data base

  1. Google Scholar
  2. Sinta 4
  3. Garuda: Garba Rujukan Digital