PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH DALAM UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS SISWA

Epri Nuraini Rusminawati, Nani Mediatati

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 4 SDN Kadirejo 02 dengan ketuntasan 90% dari jumlah siswa mencapai nilai KKM ≥ 60 melalui penggunaan model Make A Match. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan melalui dua siklus. Teknik pengumpulan data mengunakan observasi dan tes yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: pada siklus I, diperoleh 7 siswa tidak tuntas (29%) dan 17 siswa tuntas (71%), dan pada siklus II diperoleh sebanyak 22 siswa tuntas (92%) dan 2 siswa tidak tuntas (8%). Jadi penggunaan model Make A Match  dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas 4 SDN Kadirejo 02 semester II tahun ajaran 2016/ 2017.


Kata Kunci


Learning Outcomes, Learning IPS, Make A Match Model.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adelia, Vera. 2012. Metode Mengajar Anak di Luar Kelas (Outdoor Study). Yogyakarta: Divapress.

Bahri, Aliem. 2012. Bahan Ajar Penelitian Tindakan Kelas. Makassar: Unismuh.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning: Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Komalasari, Kokom. 2011. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT. Refika Aditama.

Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Rusman, 2012. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sapriya. 2009. Pendidikan IPS: konsep dan pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Suprijono, Agus. 2014. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wijayanti, Titik (2012). Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Dengan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Siswa Kelas IV SD N Karanganyar 03 Semester II Tahun Pelajaran 2011/ 2012. S1 Skripsi. FKIP UKSW.




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/wa.v1i2.1038

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.