KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI BERDASARKAN PERBEDAAN GENDER SISWA

Sulistiyawati Sulistiyawati, Cici Andriani

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritisĀ  antara siswa kelompok yang dicampur dengan siswa kelompok dipisah berdasarkan gender, dan perbedaan hasil belajar biologi antara siswa kelompok yang dicampur dengan siswa kelompok dipisah berdasarkan gender. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi berbentuk non equivalent group design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 5 Yogyakarta yang terdiri dari 7 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian adalah kelas XI IPA 2 sebagai kelas perlakuan dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan soal pretes-postes berbentuk soal uraian. Pengolahan data menggunakan analisis statistik dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis yang signifikan (sig. 0,642) antara siswa kelompok yang dicampur yang memiliki rerata 71,91 dengan siswa kelompok dipisah berdasarkan gender yang memiliki rerata 71,03, serta tidak terdapat perbedaan hasil belajar biologi yang signifikan (sig. 0,395) antara siswa kelompok yang dicampur yang memiliki rerata 73 dengan siswa kelompok dipisah berdasarkan gender yang memiliki rerata 72. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan perlakuan pengaturan kelompok belajar berdasarkan gender terhadap kemampuan berpikir dan hasil belajar siswa.


Kata Kunci


Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar, Gender

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abrori, Cholis. 2010. Berpikir Kritis (Critical Thinking) Dalam Profesi Dokter. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta

Alwasilah, A. Chaedar. 2005. Pokoknya Menulis (Cara Baru Menulis Dengan Metode Kolaborasi).

Bandung : PT. Kiblat Buku Utama

Campbell, N.A., Jane B. Reece., Lawrence G. Mitchell. 2008. Biologi Jilid III Edisi Kelima.

Jakarta : Erlangga

Elliot, S. N., Kratochwill, T. R., Cook, J. L. & Travers, J. F. 2000. Educational Psycology: Effective Teaching, Effective Learning, Third Edition. United States of America: McGraw-Hill Companies, Inc.

Ennis, R.H. 2005. Critical Thinking Test. USA : Bright Minds

Fisher, A. 2012. Critical Thinking : An Introduction. Penterjemah: Benyamin Hadinata. Jakarta : Erlangga

Febriani, V.I. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Search Solve Create And Share (SSCS) Terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa di SMAN 5 Yogyakarta. [Skripsi]. UIN SUNAN KALIJAGA, YOGYAKARTA.

Glaser, E. M., Watson, G. B. 1980. Watson-Glaser Critical Thinking Manual. Antonio: The Psychological Corporation, harcourt Brace & Co

Halim, Thursan. 2005. Belajar Secara Efektif. Jakarta: Pustaka Pembangunan Swadaya Nusantara

Ismaun. 2007. Filsafat Administrasi Pendidikan (Serahan Kuliah). Bandung: UPI


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.