ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA DITINJAU DARI KONEKSI MATEMATIS MATERI LIMIT FUNGSI

Laili Ma'atus Sholekah, dewi anggreini, Adi Waluyo

Sari


Fokus dalam penelitian ini adalah” bagaimanakah kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi limit fungsi ditinjau dari koneksi matematis siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pakel Tulungagung tahun pelajaran 2016/2017.” Pendekatan yang digunakan  adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pakel kelas XI IPA 3 dengan jumlah siswa sebanyak 32. Instrumen yang digunakan adalah tes materi limit fungsi dan wawancara. Hasil yang diperoleh dari penelitian yakni pada subjek yang memiliki tingkat koneksi matematis tinggi cenderung tidak memiliki kesulitan dalam menyelesaikan soal. Pada tingkat koneksi matematis sedang , siswa cenderung mengalami kesulitan pada penerapan prinsip dan menyelesaikan masalah verbal. Dan pada tingkat kemampuan koneksi matematis rendah siswa cenderung mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal limit fungsi yaitu pada pemahaman konsep, penerapan prinsip dan masalah verbal. 


Kata Kunci


Kesulitan siswa, Menyelesaikan soal, Koneksi matematis

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdurrahman, Mulyono (2012). Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis, dan Remediasi. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Herman, Hudojo. 1990. Strategi Mengajar Belajar Matematika. Malang: IKIP.

Martini, Jamaris. 2014. Kesulitan Belajar: Perspektif, Asesmen, dan Penanggulangannya. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kumalasari dan Putri. 2013. Kesulitan Belajar Matematika Siswa Ditinjau dari Segi Kemampuan Koneksi Matematis. Prosiding. ISBN: 978-979-16353—4.

Manab, A (2015). Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kualitatif. Sleman Yogyakarta: Kalimedia

Moleong, J. Lexy. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhibbin, Syah (2010) Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remadja Rosdakarya

Wardatun Nisa. 2014. Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 2 Sumbang Pada Materi Theorema Pythagoras. Jurnal FKIP UMP, (online), http://digilib.ump.ac.id/10570/5/bab%202.pdf. Diakses pada tanggal 27 januari 2017.

Rosi Pijarno. 2014. Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas IX SMPN 1 Sampang. Jurnal Pendidikan Matematika. (online), http://fkip.ump.ac.id/index.php/artikel-ilmiah/summarry/8-pendididikan-matematika/382-analisis-kemampuan-koneksi-matematis-pada-materi-bangun-ruang-sisi-lengkung-kelas-ix-smp-negeri-1-sampan, diakses tanggal 20 Januari 2017.

Runtukahu, J. Tombokan. 2014. Pembelajaran Matematika Dasar bagi Anak Berkesulitan Belajar. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Sri Adi Widodo, 2012. Proses Berpikir Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Dimensi Healer. Prosiding, FMIPA UNY, hal 9.

Suherman, Eman dkk. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Jicu.

. .2003. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Press

Warih, dkk. 2016. Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VIII pada Materi Pythagoras. Prossiding. ISSN: 2502-6526




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/wa.v1i2.1413

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.