PENGARUH TEKNIK ANALYTIC TEAMS TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS FILM

Siti Rochmiyati, Desy Rufaidah

Sari


  Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen untuk mengetahui pengaruh teknik analytic teams terhadap kemampuan menganalisis film pada mata kuliah terampil menyimak. Variabel penelitian ada dua, yaitu teknik analytic teamsdan kemampuan menganalisis film. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan mahasiswa PBSI-UST yang mengambil mata kuliah Terampil Menyimak tahun akademik 2015-2016. Sampel ditentukan dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dengan teknik dokumentasi dan tes. Uji coba instrumen mencakup validitas dan realibilitas. Teknik analisis data mencakup analisis deskriptif, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis.

Hasil penelitian menunjukkan rata-rata kelas dengan metode tugas individu berkategori baik, tetapi belum semua mahasiswa mencapai KKM sedangkan teknik analytic teams berkategori sangat baik. Uji normalitas dilakukan dengan ujiKolmogorov Smirnov, diperoleh sig. 0,674>0,05. Hal itu berarti data berdistribusi normal. Uji homogenitas dilakukan dengan uji levene statistic danuji-F. Berdasarkan uji levene statistic danuji-F diketahui  sig. 0,042˂0,05 dan = 4,352sedangkan  = 4,03. Hal itu menunjukkan > berarti varian tidak homogensehingga analisis komparatif menggunakan analisis nonparametrik. Analisis nonparametrik menggunakan uji Mann-Whithney, diketahui sig.<0,05 berarti  ditolak sehingganditerima.

Kata kunci: kemampuan menganalisis film, metode tugas individu, dan teknik analytic teams


Kata Kunci


kemampuan menganalisis film;metode tugas individu;dan teknik analytic teams

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama.

Barkley dkk. 2014. Collaboraive Learning Techniques: Teknik-Teknik Pembelajaran Kolaboratif. Penerjemah Narulita Yusron. Bandung: Nusa Media.

Danesi, Marcel. 2010. Pengantar Memahami Semiotika Media. Penerjemah A. Gunawan Admiranto. Yogyakarta: Jalasutra.

Hackman, J. Richard and Anita Williams Wooley. 2008. Creating and Leading Analytic Teams. Harvard University.

Hajar, Maya Umi. 2016. ”Pengaruh Pembelajaran Kolaboratif Tipe Analytic Teams Melalui Lesson Study Terhadap Hasil Belajar Siswa.” Makalah. Prosiding Seminar Nasional II Tahun 2016: Kerja sama Prodi Pendidikan Biologi FKIP dengan Pusat Studi Lingkungan dan Kependudukan (PSLK) Universitas Muhammadiyah Malang.

Rochmiyati, Siti. 2015. “Model Personal-Kooperatif dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman.” Makalah. Prosiding Seminar Nasional Pertemuan Ilmiah Bahasa dan Sastra Indonesia (PIBSI) XXXVII pp. 694-707.

Sudijono, Anas. 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Grafindo Persada.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menyimak: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: CV. Angkasa.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.