Talking Stick: Hasil Belajar IPA Dan Kemampuan Kerjasama Siswa

Swastika Sari, Astuti Wijayanti

Sari


This study aims to determine the influence of cooperative learning model type of talking stick to the results of science learning class vii students in smp n 5 banguntapan, bantul in 2016/2017 academic year in terms of cooperation ability. this study is quasi-experimental. techniques of collecting data using test techniques, questionnaires and documentation. the instrument test contains 30 multiple choice questions, and the questionnaire instrument contains 20 statements. the result, the researcher obtained fcount = 1.082 and p = 0.283, the average learning outcome was 21.75, the average questionnaire was 80.13. based on the average learning outcomes and questionnaires, then there is the influence of talking stick to the results of science learning grade vii students in terms of students' cooperation ability.


Kata Kunci


Talking Stick learning model, learning result, and student’s cooperation

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Devia. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Pada Siswa Kelas IV B SDN. Muara Bulian, 1-17.

Lakoy, A. C. (2015). Pengaruh komunikasi, Kerjasama Kelompok, dan Kreativitas Terhadap Kinerja Karyawan pada Hotel Aryduta Manado. EMBA Vol 3 No 3, 981-991.

Dimyati dan Mujiono, (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta dan Depdikbud.

Purnamasari, Y. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Kemandirian Belajar dan Peningkatan Kemampuan Penalaran Dan Koneksi Matematika Peserta Didik SMPN 1 Kota Tasikmalaya. JPK Vol 1 Nomor 1, 3-11.

Rahayuni, G. (2016). Hubungan Keterampilan Berpikir Kritis dan Literasi Sains . JPII, 131-146.

Selpiyanti, dkk. (2015). Meningkatkan Kerjasama Siswa Pada Pembelajaran Pkn Melalui Value Clarification Technique (VCT) Di Kelas IV GKLB Sabang. Jurnal Kreatif Tadalako Online Vol 2 No 3, 63-77.

Siregar, S. (2016). Pengaruh Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Dan Aktivitas Visual Siswa Pada Konsep Sistem Indra. Jurnal Biotik Vol 3 No 2, 100-106.

Putut Bayuaji, H. S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaining (SFAE) Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Fisika. J. Pijar MIPA Vol. XII No.1, 15-18.

Sri Astuti, dkk. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Pada Materi Sistem Gerak Pada Manusia Kelas VIII SMP Islam Kepenuhan Tahun Pembelajaran 2014/2015. e-journal.upp.ac.id/index.php/fkipbiologi/.../view/360/367, 2-4.

Sukmadinata, N. S. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wulandari, Bekti dan Surjono, Herman Dwi (2013). Pengaruh Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi. Vol 3 No 2, 178-191.

Wijayanti, Astuti. (2016). Penerapan Collaborative Writing Untuk Meningkatkan Keterampilan Kerjasama dan Motivasi Mahasiswa Pada Mata Kuliah Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Jurnal Sosiohumaniora Volume 2 Nomor 1, 124-134




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/wa.v1i2.1642

Article Metrics

Sari view : 245 times
PDF - 192 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.