Pengaruh Strategi React Terhadap Penalaran Induktif Matematis Dan Motivasi Belajar Matematika Siswa SMP

Tri Astuti Arigiyati, Agustina Sri Purnami, Rizka Arinil Haq

Sari


The purpose of this research are to know (1) the influence using REACT learning strategy about increase student’s mathematical inductive reasoning skills, and (2) the influence using REACT learning strategy about increase student’s studying motivation. Population of this research was the students grade VIII of SMP. The sample was 34 students as the experimental class that given treatment REACT learning  and 31student as the control class with expository learning. Data collection in this study by using test and questionnaire techniques. Data were analyzed by using t test. The result of the research showed that 1) the value of sig 0,03 <0,05 meaning that there is influence of applying of REACT learning to improvement of mathematical inductive reasoning ability of student of class VIII SMP, (2) sig value 0,041 <0,05 meaning that there is influence of application of REACT learning to increase motivation learn math class VIII SMP.


Kata Kunci


REACT Strategy, Mathematical Inductive Reasoning Skills, Motivation

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arifin, A. T., Kartono, K., & Sutarto, H. (2014). Keefektifan Strategi Pembelajaran React Pada Kemampuan Siswa Kelas VII Aspek Komunikasi Matematis. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 5(1), 91-98.

Cord. (1999). Teaching Mathematics Contextually.: The Comestone of Teac Prop.

Eko, A. A., & Sujadi, A. A. (2016). Peningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Group Investigation Siswa Kelas VII C SMP N 1 NGLIPAR GUNUNGKIDUL. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1).

El Husna, F. (2014). Penerapan Strategi REACT dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X SMAN 1 Batang Anai. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1).

Fauziah, A. (2010,June). Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP melalui Strategi REACT. In Jurnal forum kependidikan. Vol. 30, No. 1, pp. 11-13.

Komalasari, K. (2011). Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Nuridawani, N., Munzir, S., & Saiman, S. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Jurnal Didaktik Matematika, 2(2).

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22 Tahun 2006 tanggal 23 Mei 2006 tentang Standar Isi.

Prawira, P. A. (2014). Psikologi Pendidikan Dalam Perspektif Baru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Rizka, N. (2014). Pengaruh Penerapan Strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X SMAN 2 Payakumbuh. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2).

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sukayasa. (2009). Penalaran dan pemecahan masalah dalam Pembelajaran Geometri. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, 16 Mei 2009

Undang-undang No 20 Tahun 2013 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Utami, N. P. (2014). Kemampuan penalaran matematis siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Painan melalui penerapan pembelajaran think pair square. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/wa.v1i2.1643

Article Metrics

Sari view : 89 times
PDF - 72 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.