PELAKSANAAN PENDIDIKAN INKLUSI DI SD TUMBUH 2 YOGYAKARTA

Siti Anafiah, Dinar Westri Andini

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan inklusi di SD Tumbuh 2 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi berperan serta (participant observation), wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD Tumbuh 2 sudah tidak mengenal terminologi ABK dimana anak tidak dilihat dari hambatannya tetapi potensi yang bisa dikembangkan dari diri anak tersebut. Aktivitas kelas direncanakan dengan mempertimbangkan keadaan latar belakang peserta didik. Aktivitas kelas mendorong peserta didik untuk saling berkomunikasi. Guru selalu mendukung semua aktivitas siswa dengan tegas dan secara terarah. Meskipun terdapat beberapa siswa yang berkebutuhan khusus, guru tidak pernah melabel siswa sebagai seseorang yang merepotkan. Semua peserta didik diberikan kesempatan yang sama untuk ambil bagian dalam kegiatan khusus di kelas.

Kata kunci: Pendidikan, inklusi, pelaksanaan

Kata Kunci


Pendidikan, inklusi, pelaksanaan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ainscow, M. and Booth, T. 2002.Index for inclusion developing learning and participation in schools. London: CSIE.

Hastuti, S.R., 2013. Pendidikan Inklusi di Yogyakarta: Penghargaan dan Kenyataan.(https://www.solider.or.id, diakses 31 Maret 2017).

International Symposium Inclusion and the Removal Barriers Leaning, Participation and Development, 2006. (http://www.idpeurope.org/symposium/symposium recommendations) (28 Februari 2016).

Periwi, P. & Lissa,G. Meningkatkan Pendidikan Inklusif di DI Yogyakarta, Indonesia. (http://www.idp-europe.org/eenet-asia/eenet-asia-8-ID/page10.php, diakses tanggal 28 Februari 2016).

Sunanto, J. Profil Implementasi Pendidikan Inklusif Sekolah Dasar Di Kota Bandung. http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PEND._LUAR_BIASA/196105151987031JUANG_SUNANTO/Profil-implementasi-pendidikan-inklusi.pdf, diakses 31 Maret 2017

Sunaryo. 2009. Manajemen Pendidikan Inklusif (Konsep, Kebijakan, dan Implementasinya dalam Perspektif Pendidikan Luar Biasa). Bandung: Bahan ajar Manajemen Pendidikan Inklusif.

Setyawan, P., 2013. Yogya jadi pusat pendidikan inklusi di ASEAN. (https://nasional.sindonews.com. dakses 31 Maret 2017).




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/wa.v2i1.2479

Article Metrics

Sari view : 157 times
PDF - 219 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.