MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW BERBASIS KURIKULUM 2013

Lindha Andhita Aprilia, Eunice Widyanti Setyaningtyas, Slameto Slameto

Sari


Proses pembelajaran pada Kurikulum 2013 masih membutuhkan perbaikan kualitas yang ditunjukkan dari rendahnya hasil belajar siswa di salah satu SD di Salatiga. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan cara menerapkan model pembelajaran Jigsaw berbasis kurikulum 2013. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas melalui dua siklus pembelajaran. Setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Hasil belajar sebelum diadakan tindakan pra siklus siswa yang sudah mencapai KKM dengan presentase 42,86%, sedangkan setelah dilaksanakan siklus I jumlah siswa yang sudah mencapai KKM meningkat dengan presentase 71,42% dan setelah dilaksanakan siklus II jumlah yang sudah mencapai KKM meningkat dengan presentase 85,71%. Hal tersebut membuktikkan dengan menerapkan model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPA.


Kata Kunci


Jigsaw; Kurikulum 2013; Hasil Belajar; IPA

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fauziah, Y. N. (2011). Analisis Kemampuan Guru dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar Kelas V pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal ISSN 1412-565X, Edisi Khusus No, 2, 98-106.

Hamdayama, Jumanta. 2014. Model Dan Metode Pembelajaran Kreatif Dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Herawati, R.., & Hamdu, G. (2014). Pengembangan Asesmen HOTS Pada Pembelajaran Berbasis Masalah Tema Bermain Dengan Benda- Benda Di Sekitar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 151-159.

Herdianawati, S., Fitrihidajati, H., & Purnomo, T. (2013). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Inkuiri Berbasis Berfikir Kritis pada Materi Daur Biogeokimia Kelas X. Jurnal BioEdu, 2(1), 99-104.

Hertiavi, M. A., Langlang, H., & Khanafiyah, S. (2016). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(1).

Imamah, N. (2012). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Kooperatif Berbasis Konstruktivisme Dipadukan Dengan Video Animasi Materi Sistem Kehidupan Tumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1).

Kemdikbud. (2013). Kompetensi Dasar SD/MI Versi Maret 1.

Mappeasse, M. Y. (2009). Pengaruh cara dan motivasi belajar terhadap hasil belajar programmable logic controller (PLC) siswa kelas III jurusan listrik SMK Negeri 5 Makassar. Jurnal Medtek, 1 (2), 1-6.

Rahmawati, K. (2016). Pengembangan E-Learning Berbasis Moodle Sebagai Sumber Belajar IPS SMP Kelas VII Sub-Tema Kegiatan Ekonomi Dan Pemanfaatan Potensi Sumber Daya Alam. Social Studies, 5(5).

Raksun, A. (2009). Implementasi Pembelajaran Kooperatifuntuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisikafkipuniversitas Mataram Padamatakuliah Biologi Dasar. Jurnal pijar MIPA, 4(1).

Rejeki, N. E. S. (2009). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Siswa Kelas VIII G Semester 2 SMP Negeri 2 Toroh Grobogan. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 3(2).

Sjukur, S. B. (2012). Pengaruh blended learning terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa di tingkat SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(3).

Syamsiwarti, S. (2016). Manajemen Perencanaan Pembelajaran Guru PAI Dalam Meningkatkan Kualitas Hasil Belajar Siswa Di SD Kota Solok. al-fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3 (2), 157-166.

Wulandari, B., & Surjono, H. D. (2013). Pengaruh problem-based learning terhadap hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/wa.v2i1.2529

Article Metrics

Sari view : 193 times
PDF - 81 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.