Pengembangan LKS IPA SMP Berbasis Project Based Learning Tema “Pengolahan Limbah Cair”

Eka Dwi Wahyuni, Hidayati Hidayati, Astuti Wijayanti

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembuatan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) IPA dengan menggunakan pendekatan Project Based Learning pada topik pencemaran lingkungan dan untuk mengetahui Lembar Kegiatan Siswa IPA dengan pendekatan Project Based Learning layak digunakan oleh siswa SMP berdasarkan pemikiran para pakar. Penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan dengan model 4D. Penelitian ini dibatasi pada tahap FDG atau validasi ahli. Oleh karena itu distribusi produk hanya pada ruang lingkup sekolah yang diteliti (Disseminate terbatas). Hasil penelitian ini adalah lembar kerja  IPA berdasarkan Project Based Learning dengan tema “Pengolahan Limbah Cair Menggunakan Teknologi Pemurnian Air Sederhana” dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kriteria penilaian dari lembar kerja sains adalah penelitian, presentasi tema, kejelasan kalimat, bahasa, implementasi proyek, dan penampilan fisik. Berdasarkan penilaian ahli media, ahli materi, peer reviewer, dan guru IPA, kualitas lembar kerja IPA adalah baik (B) dengan persentase idealisasi 78,3%, sedangkan penilaian dan tanggapan siswa terhadap lembar kerja sains sangat baik. (B) dengan persentase idealisasi 80,0%.



Kata Kunci


Lembar Kerja Siswa IPA, Pedekatan Project Based Learning, Penelitian dan Pengembangan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Admin. (2012) (http://www.biologimu.com/2012/04/metode-penelitian-pengembangan.html) (diakses10 Januari 2017)

Andi Prastowo. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoretis dan Praktik. Jakarta: Kencana Prenadamedia Grup

Aris Munandar. (2015). Pengembangan Bahan Ajar. Makalah disajikankan dalam mata kuliah Pengembangan Bahan Ajar.Yogyakarta: UST

Educational Technology Division, Ministry of Education. (2006). Project Based Learning Handbook. Malaysia: Communications and Training SectorSmart Educational Development Educational Technology DivisionMinistry of Education.

Ilmas Barlenti, M. Hasan, Dan Mahidin (2017) Pengembangan LKS Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, Vol. 05, No.01, 81-86

Made Wena. 2013. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Puput Ambar Wati dan Agus Budi Santosa (2017) Pengembangan LKS Berbasis Proyek Pada Mata Pelajaran Kerja Bengkel dan Menggambar Teknik Kelas X Smk Kal-1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Vol 06 No 03. 401-407

Rachmat Quddus. (2014) Teknik Pengolahan Air Bersih Dengan Sistem Saringan Pasir Lambat (Downflow) Yang Bersumber Dari Sungai Musi. Jurnal Teknik Sipil dan Lingkungan Vol. 2, No. 4. 669-675

Riyal Gusdi, Hasnah Wita dan Uci Septiana (2017) Pembuatan Alat Penyaring Air Sederhana Dengan Metode Fisika. Jurnal Nasional Ecopedon.Vol.4 No.1 .19-21

Theresia Widyantini. (2014). ”Penerapan Model Project Based Learning dalam Materi Pola Bilangan”, Artikel PPPPTK Matematika. 11(2) 5-11

Widyaiswara. (2014). Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Materi Statistika SMP. Artikel E-Buletin LPMP Sulsel 2355-3189




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/wa.v2i2.2554

Article Metrics

Sari view : 35 times
PDF - 15 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.