Efektivitas Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis

Evi Tri Fatmawati, Sigit Sujatmika

Sari


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui (1) kecenderungan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis dari siswa kelas VII SMP Negeri 1 Imogiri melalui pembelajaran model PBL dan DI. (2) Mengetahui perbedaan hasil belajar dari siswa siswa kelas VII SMP Negeri 1 Imogiri melalui pembelajaran model PBL dan DI ditinjau dari kemampuan berpikir kritis. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi, tes, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan ANAKOVA satu jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara hasil belajar IPA dengan model PBL dan dengan model DI ditinjau dari kemampuan berpikir kritis siswa (F hitung = 5,323 dan p = 0,002). Skor rata-rata hasil belajar IPA dengan model PBL lebih tinggi daripada DI. Hal ini berarti bahwa model PBL lebih efektif daripada model DI.


Kata Kunci


PBL, hasil belajar IPA, kemampuan berpikir kritis

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fakhriyah, F. (2014). Penerapan Problem Based Learning dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa, Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 95-101.

Hartini & Sukardjo. (2015). Pengembangan Higher Order Thinking Multiple Choice Test untuk Mengukur Keterampilan Berpikir Kritis IPA Kelas VII SMP/Mts, Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1( 1), 86-101.

Kemendikbud. (2016). Buku Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Puskurbuk.

Kemendikbud. (2016). Permendikbud No. 22 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kurniawati, A. & Suryadarma, I.G.P. (2015). Penyusunan Media Pembelajaran Berbantuan Komputer untuk PBL dan Keefektifannya Terhadap CTS Peserta Didik SMA, Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1 ( 1), 57-64.

Patonah, S. (2014). Elemen Bernalar Tujuan pada Pembelajaran IPA Melalui Pendekatan Metakognitif Siswa SMP, Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(2), 128-133.

Pratiwi, Y., Rejedeki, T., dan Masykuri, M. (2014). Pelaksanaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Pada Materi Redoks Kelas X Sma Negeri 5 SurakartaTahun Pelajaran 2013/2014, Jurnal Pendidikan Kimia, 3(3), 40-48.

Sari, D.S. & Sugiyarto, K.H. (2015). Pengembangan Multimedia Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa, Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 153-166.

Sujatmika, S. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Prestasi Belajar ditinjau dari Gaya Belajar dan Kemandirian, Jurnal Sosiohumaniora, 2(1), 116-123.

Sukardi. (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Sunaryo, Y. (2014). Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematika Siswa SMA di Kota Tasikmalaya, Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 1(2), 41-51.

Susilo, A. B. (2012). Pengembangan Model Pembelajaran IPA Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Berpikir Kritis Siswa SMP, Journal of Elementary Education, 1(1), 57-63.




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/wa.v2i2.2786

Article Metrics

Sari view : 22 times
PDF - 13 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.