Etnomatematika Dalam Rumah Adat Panjalin

Anggita Maharani, Seka Maulidia

Sari


This study aims to improve the learning process at school by using culture-based learning that is ethnomatematics at the Panjalin traditional house. The purpose of this study is to explore the culture of the Panjalin community as a medium for learning mathematics. Through culture-based learning, it is expected that students can improve their mathematical learning outcomes. The results showed that there were mathematical concepts and activities at the Panjalin Traditional House. Students learn theories about mathematical concepts, then know the application of these mathematical concepts. The results of the study aimed to review the benefits of ethnomatematics-based mathematics learning that can motivate students and make the results of research on ethnomatematics at Panjalin traditional house as an alternative idea of mathematics learning outside the classroom and used as reference material for the preparation of contextual mathematical problem solving questions.


Kata Kunci


Ethnomatematics, Mathematics Learning, Panjalin Traditional House

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afandi, A., & Wustqa, D. U. (2013). Pendekatan open-ended dan inkuiri terbimbing ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah dan representasi multipel matematis. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 1–11.

Amir, M. F. (2015). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (pp. 34–42).

Amir, M. F. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi Siswa Sekolah Dasar. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 117–128.

Anidawati, A. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE NHT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V SD NEGERI 1 BATHIN SOLAPAN KECAMATAN BATHIN SOLAPAN. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 321–329.

Arti, N., & Putri, E. (2015). Kemampuan Guru Mata Pelajaran Biologi dalam Pembuatan Soal HOT (Higher Order Thinking) di SMA Negeri 1 Wonosari Klaten. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

d’Ambrosio, U. (1985). Ethnomathematics and its place in the history and pedagogy of mathematics. For the Learning of Mathematics, 5(1), 44–48.

Hidayat, W. (2017). Adversity Quotient dan Penalaran Kreatif Matematis Siswa SMA dalam Pembelajaran Argument Driven Inquiry pada Materi Turunan Fungsi. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 15–28.

Ismaimuza, D. (2010). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Strategi Konflik Kognitif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Sikap Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1–10.

Mawarni, E., Mulyani, B., & Yamtinah, S. (2014). Penerapan peer tutoring dilengkapi animasi macromedia flash dan handout untuk meningkatkan motivasi berprestasi dan prestasi belajar siswa kelas XI IPA 4 SMAN 6 Surakarta tahun pelajaran 2013/2014 pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Jurnal Pendidikan Kimia, 4(1), 29–37.

Purwasih, R. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis dan Self Confidence Siswa MTS di Kota Cimahi Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Didaktik, 9(1), 16–25.

Rachmawati, I. (2012). Eksplorasi Etnomatematika Masyarakat Sidoarjo. Ejournal Unnes.

Rahaded, L. K. (2017). Pengaruh Quality of Work Life (Qwl) Dan Budaya Organisasi Terhadap Produktivitas Guru SD Swasta Katolik Di Jakarta Pusat. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(2), 114–124.

Rahman, I. S., Murnaka, N. P., & Wiyanti, W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Laps (Logan Avenue Problem Solving)-Heuristik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 2(1), 48–60.

Ramdani, Y. (2012). Pengembangan instrumen dan bahan ajar untuk meningkatkan kemampuan komunikasi, penalaran, dan koneksi matematis dalam konsep integral. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(1), 44–52.

Rofiah, E., Aminah, N. S., & Ekawati, E. Y. (2013). Penyusunan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Fisika pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Sebelas Maret, 1(2), 17–22.

Saputra, V. H., & Permata, P. (2018). Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Macromedia Flash Pada Materi Bangun Ruang. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 2(2), 116–125.

Saregar, A. (2016). Pembelajaran pengantar fisika kuantum dengan memanfaatkan media phet simulation dan LKM melalui pendekatan saintifik: Dampak pada Minat dan Penguasaan Konsep Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 53–60.

Sariningsih, R. (2014). Pendekatan kontekstual untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa SMP. Infinity Journal, 3(2), 150–163.

Wibowo, J. R. (2008). Hubungan antara Infeksi Soil Transmitted Helminths dengan Prestasi Belajar Anak Sekolah Dasar 03 Pringapus, Kabupaten Semarang Jawa Tengah. Faculty of Medicine.




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/wa.v2i2.3183

Article Metrics

Sari view : 29 times
PDF - 14 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.