Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Macromedia Flash Pada Materi Bangun Ruang

Very Hendra Saputra, Permata Permata

Sari


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran matematika menggunakan sofware macromedia flash pada materi bangun ruang dan mengetahui kualitas media yang dikembangkan berdasarkan penilaian ahli materi dan pembelajaran, ahli media, siswa. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan prosedural yang bersifat deskriptif, menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan suatu produk yang dimulai dengan cara analisis standar isi dilanjutkan dengan mengumpulkan referensi, perancangan media dan membuat media pembelajaran. Media pembelajaran yang dibuat divalidasi oleh ahli materi dan pembelajaran, ahli media. Penelitian iniberhasil mengembangkan media pembelajaran berupa CD pembelajaran matematika memuat standar kompetensi memahami sifat-sifat kubus, balok, prisma,limas dan bagian-bagianya serta menentukan ukuranya. Menurut penilaian ahli media, materi pembelajaran media yang dikembangkan mempunyai kualitas Sangat Baik (SB) dengan skor 140,9 dengan persentase keidealan 82,882% sehingga layak digunakan sebagai media


Kata Kunci


media pembelajaran; macromedia flash; bangun ruang

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anas Sudijono. 1987. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Grafindo Persada.

Borg, W. R. & Gall, M. D. Gall. 1989. Educational Research : An Introduction, Fifth Edition. New York: Longman

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran: Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Gitonga. H. M, and Robert. K (2015). Effects of Computer Interaction in Learning Strategy on Students’ Achievements in Secondary School Mathematics in Mur. International Journal of Scientific Engineering and Research (IJSER), Volume 1 Nomor 9, halaman 87-94.

Indra S, Yuniar M. P, Eko R. 2012. Pengaruh Model Pembalajaran Langsung (Direct Instruction) Melalui Media Animasi Berbasis Macromedia Flash Terhadap Minat Belajar Dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa Di Sma Plus Negeri 7 Kota Bengkulu. Jurnal Exacta, Volume X Nomor 1, halaman 1-10.

Istiqlal. 2011. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Adobe Flash CS3 Dalam PembelajaranMatematika Standar Kompetensi Memecahkan Permasalahan Yang Berkaitan Dengan Sistem Persamaan Linier Dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel Pada Siswa Kelas X, Makalah Dipresentasikan Dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematiaka, Tanggal 3 Desember 2011 di Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, hal 2.

M. Ali. 2007. Pengembangan Bahan Ajar Berbantuan Komputer Untuk Memfasilitasi Belajar Mandiri Dalam Mata Diklat Penerapan Konsep Dasar Listrik Dan Elektromagnetik di SMK. Laporan Penelitiian Reasearch Grand PHK A2.FT UNY.

Maruli . S dan Mulyono. 2017 Efforts To Improving The Mathematical Critical Thinking Student’s Ability Through Problem Solving Learning Strategy By Using Macromedia Flash. American Journal of Educational Research, Volume. 5 Nomor 7, halaman 725-731.

Miftakh. F. 2015. Pengembangan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Kemampuan Menyimak Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Solusi, Volume 2 Nomor 5, halaman 17-24.

Munir. 2012. Multimedia: Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Nur. A. L. dan Istiqomah. 2017. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Kurikulum 2013 Pada Pokok Bahasan Trigonometri di SMK. UNION Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 5 Nomor 3, halaman 253-261.

Rahayu, W. 2013 Mengembangkan kemampuan penalaran spasial siswa SMP pada konsep volume dan luas permukaan dengan pendekat an pendidikan matematika realistik Indonesia. Makalah dipresentasikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, Yogyakarta.

Rohmah, I. 2014. Meningkatkan pemahaman konsep volume dan luas permukaan bangun ruang sisi datar menggunakan kotak musium. Makalah di presentasikan pada Seminar Problematika Pembelajaran Matematika, Institut Agama Islam Negeri, Tulung Agung.

S. Hadi. 2011. Salection Sorting Algorithm Visualization Using Flash. The International Journal of Multimedia & Its Applications (IJMA), Volume 3 Nomor 1, halaman 22-35.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata. N. S. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Supriyono, W. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Tias, A. A. W dan Wutsqo, D. U. 2015. Analisis Kesulitan Siswa SMA dalam Pemecahan Masalah Matematika Kelas XII IPA di Kota Yogyakarta. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, Volume 2 Nomor 1,halalman 28-39.

.

Walisda., M. A. Rahman., and H. Atmowardoyo. 2015. The Use of Macromedia Flash Animation to Enhance Students’ English Writing Skill at the Seventh Grade of SMPYapis 1 Fakfak-West Papua. ELT Worldwide, Volume 2 Nomor 2 halaman 46-63.




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/wa.v2i2.3184

Article Metrics

Sari view : 26 times
PDF - 20 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.