Penalaran Analogi Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Trigonometri

Mochamad Abdul Basir, Nila Ubaidah, M Aminudin

Sari


Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat cepat sebanding dengan tantangan kehidupan yang semakin rumit, hal ini tidak terlepas dari peran matematika. Sebagaimana tujuan pembelajaran matematika, salah satunya agar siswa menggunakan penalaran untuk memanipulasi matematika, membuat analogi dalam menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penalaran analogi siswa dalam menyelesaikan masalah trigonometri pada siswa berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Jenis penelitian yang dilakukan deskriptif kualitatif. Instrumen penelitian berupa tes penalaran analogi dan wawancara. Indikator kemampuan penalaran analogi meliputi structuring,  mapping, applying dan verifying. Hasil penelitian diperoleh siswa berkemampuan tinggi mampu melakukan semua komponen penalaran analogi, siswa berkemampuan sedang mampu melakukan sampai tahap applying, dan siswa berkemampuan rendah tidak mampu melakukan structuring.


Kata Kunci


Penalaran Analogi; Penyelesaian Masalah; Trigonometri

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alexander P.A., & Buehl, M.M. 2004. Seeing the Possibilities:Constructing and validating Measures of Mathematical and Analogical Reasoning for Young Children. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Inc.

Alwyn W. P. & Dindyal, J. 2009. Analogical Reasoning Errors in Mathematics at Junior College Level. Mathematics Education Research Group of Australia, 1: 1-8

Creswell, J.W.2012. Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Boston: Pearson.

English, L. D. 2004. Mathematical and Analogical Reasoning of Young Learners. New Jersey: Lawrence Erlbaum.

Gust, H & Kunhnberger, K. 2006. Explaining Effective Learning by Analogical Reasoning. Paper Presented at 28th Annual Conference of The Cognitive Science Society in Coorperation with The 5th International Conference of Cognitive Science in the Asian-Pacific Region (Cogsci/ICCS), (online), 28(3): 1448-153.

Ikram, Muhammad. 2016. Eksplorasi Penalaran Siswa dalam Pemecahan Masalah Trigonometri Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Logis pada Siswa Kelas XII IPA. Jurnal Pendidikan Matematika Profesional. 1(1):1-6.

Mofidi, S.A., & Parvaneh A. 2012. Instruction of Mathematical Concept Through Analogical Reasoning Skills. Indian Journal of Science and Technology, Vol 5 Number 6.

Nasoetion, AH. 2004. Nalar dan Hafal, Mana didahulukan ?. Jakarta: Gramedia.

Orhun, Nevin. 2014. Students Mistakes and Misconceptions on Teaching Trigonometry. Journal of Curriculum Studies, 32(6); 208-211.

Permendiknas no 41. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Rupert, Markus. 2013. Ways of Analogical Reasoning-Thought Processes in An Example Based Learning Environment. Eight Congress of European Research in Mathematics Education (CERME 8). 6-10 Februari 2013, Turkey: Manavgat-Side, Antalya.

Woo, J.H., Lew, H.C., Park, K.S. & Seo, D.Y. 2007. Induction, Analogy, And Imagery in Geometric Reasoning. Seoul: PME




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/wa.v2i2.3213

Article Metrics

Sari view : 17 times
PDF - 9 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.