Kemampuan Literasi Matematika Siswa Berdasarkan Konten PISA

Aulia Nurutami, Fariz Setyawan

Sari


Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan literasi matematika siswa. Penelitian ini adalah penelitian desktiptif. Subyek penelitian adalah siswa kelas 8 di salah satu sekolah Islam di Yogyakarta yang berjumlah 36 siswa. Instrumen penelitian ini adalah tes literasi matematika yang berjumlah 4 soal dengan konteks PISA. Hasil penelitian dalam artikel ini adalah hasil untuk tes hange and relationship and space and shape problems dengan masing-masing terdiri atas 2 soal. Berdasarkan hasil data analisis, berdasarkan konten maka domain yang meraih skor tertinggi adalah domain change and relationship dengan rata-rata 47,92, sedangkan domain space and shape adalah 22,08.


Kata Kunci


Literasi Matematika; Konten Change and Relationship Problem; Konten Shape and Space Problem

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andi, H. D., Zulkardi, Z., & Darmawijoyo, D. (2015). Assessing Seventh Graders’mathematical Literacy In Solving Pisa-Like Tasks. Journal on MATHEMATICS Education, 6(2), 39-49.

De lange, Jan. (2006). Mathematical Literacy for Living from OECD-PISA Perspective. Utrecht University.

Hasnawati. (2016). Description Mathematics Literacy Ability of Students First Secondary School State 15 Kendari Based on Content, Context, Materials, and Process. International Journal of Education and Research 4(11) 201-210.

Julie, H. (2017) The students’ ability in mathematical literacy for the quantity, and the change and relationship problems on the PISA adaptation test. Journal of Physics: Conf. Ser. 890 012089.

Kemendikbud. (2016, Desember 6). Peringkat dan Capaian PISA Indonesia Mengalami Peningkatan. Dipetik Desember 15, 2017, dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2016/12/peringkat-dan-capaian-pisa-indonesia-mengalami-peningkatan

Mahdiansyah and Rahmawati 2014 Literasi matematika Siswa Pendidikan Menengah: Analisis Menggunakan Desain Tes Internasional dengan Konteks Indonesia Badan Pengembangan dan Penelitian Kemdikbud.

Maryanti, E. (2012). Peningkatan Literasi Matematis Siswa Melalui Pendekatan Metakognitive Guidance. Tesis pendidikan Matematika UPI. Bandung: Tidak Dipublikasikan.

Nindya, F. W., & Jailani. (2015) Indonesian Students Mathematics Problem Solving Skill in PISA and TIMSS Proceeding of International Conference on Research, Implementation and Education of Mathematics and Science 2015 Universitas Negeri Yogyakarta 17-19 May 2015.

OECD (2016), Ten Questions for Mathematics Teachers … and how PISA can help answer them, PISA, Paris: OECD Publishing.

OECD. (2015). PISA 2015 Assessment Framework Key Competencies in Reading, Mathematics and Science. Paris: OECD Publishing.

Ojose, B. (2011). Mathematics Literacy: Are We Able To Put The Mathematics We Learn into Everyday Use. Journal of Mathematics Education 4(1), 89-100.

Rosalia, H. N., & Ariyadi, W 2017 Mathematical Literacy of Senior High School Students in Yogyakarta Jurnal Riset Pendidikan Matematika Vol 4, 100 http://dx.doi.org/10.21831/jrpm.v4i1.10649

Stacey, K. (2011) The PISA view of Mathematical Literacy in Indonesia. IndoMS Journal Mathematics Education 2(2), 99-126.

Widodo, S. A., & Ikhwanudin, T. (2018, January). Improving mathematical problem solving skills through visual media. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 948, No. 1, p. 012004). IOP Publishing.

Wijaya, A. (2016) Students Information Literacy: A Perspective From Mathematical Literacy. IndoMS Journal Mathematics Education 7(2), 73-82




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/wa.v3i1.3216

Article Metrics

Sari view : 765 times
PDF - 336 times

Refbacks



##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.