Teknik Penilaian Aspek Pengetahuan dan Keterampilan dalam Buku Teks Siswa Bahasa Indonesia SMA Kurikulum 2013

Desy Rufaidah, Siti Rochmiyati

Sari


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk penilaian aspek pengetahuan yang terdapat dalam buku teks siswa Bahasa Indonesia SMA Kurikulum 2013. Data penelitian ini berupa frasa, kata, klausa, kalimat, paragraf, dan wacana yang memuat konten-konten tentang bentuk penilaian aspek pengetahuan yang ada dalam buku teks siswa Bahasa Indonesia SMA Kurikulum 2013. Data diperoleh dengan teknik dokumentasi. Data divalidasi oleh pakar atau expert judgment dan FGD. Analisis data penelitian ini mengunakan teknik analisis interaktif.

Hasil penelitian meliputi bentuk penilaian aspek pengetahuan kelas X dan XI dalam buku teks siswa bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Bentuk penilaian aspek pengetahuan buku teks siswa kelas X mencakup isian, uraian, tanya jawab, dan penugasan. Bentuk penilaian aspek pengetahuan buku teks siswa kelas XI mencakup pilihan ganda, benar salah, isian, uraian, dan penugasan.


Kata Kunci


buku teks siswa bahasa Indonesia, bentuk penilaian

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amirono dan Daryanto. 2016. Evaluasi & Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas. 2006. Pedoman Penulisan Buku Pelajaran. Jakarta: Pusat Perbukuan.

Muslich, Masnur. 2016. Text Book Writing. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Miles, Matthew B. Dan A. Michael Huberman. 2009. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI-Press.

Kemendikbud. 2017. Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan untuk Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kemendikbud.

Sani, Ridwan Abdullah. 2016. Penilaian Autentik. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/wa.v3i1.4047

Article Metrics

Sari view : 53 times
PDF - 161 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.