Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMA

Tri Handayani, Samsul Arifin, Arumella Surgandini

Sari


The ability to understand mathematical concepts is a goal that must be achieved first in learning mathematics. Therefore, students are expected to have good mathematical concept understanding skills. However, in reality the ability to understand students' mathematical concepts is still low. One mode of learning that can improve students' understanding of mathematical concepts is the guided discovery learning model. This study aims to determine whether the increased ability to understand mathematical concepts of students who use the guided discovery learning model is higher than students who use conventional learning. This type of research is a quasi-experimental study using Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. The population in this study were all students of class XI MIA Citra Kasih with a sample of class XI MIA 1 and XI MIA 2 with the sample collection technique was cluster random sampling. The test instrument in this study is a test description of the ability to understand mathematical concepts in the form of problem descriptions and non-test instruments in the form of observation sheets. Based on the hypothesis test conducted from normalized change data using the Mann Whitney U test, it was found that the increased ability to understand mathematical concepts of students who use guided discovery learning models is higher than students who use conventional learning.


Kata Kunci


Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing, Pembelajaran Konvensional, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afrilianto, M. (2012). Peningkatan Pemahaman Konsep dan Kompetensi Strategis Matematis Siswa SMP Dengan Pendekatan Metaphorical Thinking. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 1, 192–202.

Agustina, F. T., Kuswadi, & Mafud, A. (2014). Peningkatan Pemahaman Konsep Sains melalui Model Pembelajaran guided Discovery pada Anak Kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Atfal Gulon Jebres Surakarta Tahun Ajaran2013/2014. Skripsi,

Dini, M., Nuraeni, N., & Anita, I. W. (2018). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMK Menggunakan Pendekatan Kontekstual Pada Materi SPLTV. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 1(1), 49-54.

Eggen, P. & Kauchak, D. (2012). Strategis and Models for Teachers (Teaching Content and Thinking Skills).

Hasanah, D. U. (2015). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Siswa Kelas VIII C SMP Negeri Yogyakarta. Retrieved from http://repository.upy.ac. id/307/

Hastuti, E. D. (2012). Penerapan Strategi pembelajaran Poster Session untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Komunikasi Siswa dalam Pembelajaran Matematika (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII C SMP Negeri 1 Karanggede). Skripsi, Universitas Muhamadiyah.

Karim, A. (2011). Penerapan Metode Penemuan terbimbing dalam Pembelajaran Matematika untuk Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekola Dasar. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Terapan 2011, 1(1).

Lestari, E. K. & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Markaban. (2008). Model Penemuan Terbimbing Pada Pembelajaran Matematika SMK. 1.

Marx, J. D. & Cummings, K. (2007). Normalized Change. American Journal of Physics, 87–91.

Ningsih, S. H., Budiyono, & Riyadi. (2013). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe roup Investigation (GI) dan Think Pair Share (TPs) pada Materi Trigonometri Ditinjau dari Keerdasan Logika Matematika Siswa Kelas X SMA di Kabupaten Sukoarjo. Jurnal fkip.uns, 1(5), 479–488.

Novianda, R., Sudaryati, & Meiliasari. (2014). Mengembangkan Pemahaman Matematika Siswa Terhadap Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) dengan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) di SMP Negeri 1 Tambun Selatan. JMAP, 13(5), 119–131.

Padungo, S. N. (2011). Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Perbandingan di Kelas VII SMP Negeri 1 Pinogaluman. 1.

Purnami, A. S., Widodo, S. A., & Prahmana, R. C. I. (2018, January). The effect of team accelerated instruction on students’ mathematics achievement and learning motivation. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 948, No. 1, p. 012020). IOP Publishing.

Purnomo, Y. M. (2011). Keefektifan Model Penemuan Terbimbing dan Cooperatiive Learning pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Kependidikan, 23–33.

Rahmawati, A. D., Noer, S. H., & Coesamin, M. (2013). Efektivitas Penerapan Metode Penemuan Terbimbing terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa (Studi Pada Siswa Kelas VIII SMPN 1 Katibung Tahun Pelajaran 2012/2013). Jurnal Pendidikan Matematika, 2, 142–147.

Rosmawati, H. (2008). Penggunaan Teknik Probing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Skripsi, UPI.

Rusmana, I. M. & Isnaningrum, I. (2013). Efektifitas Penggunaan ICT dalam Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Formatif, 2(3), 198–205.

Sheskin, D. J. (2004). Handbook of Parametric and Non-Parametric Statistical Procedure: 3dr Edition. New York: A CRC Press Company.

Sholihah, W. (2018). Analisis Hambatan Belajar Pada Materi Trigonometri Dalam Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 1(2), 109-120.

Simangunsong, W. (2013). PKS Matematika Kelas XI SMA/ MA Wajib. Denpasar: Gematama.

Sundayana, R. (2014). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Thoifah, I. (2015). Statistika Pendidikan dan Metode Penelitian Kuantitatif. Malang: Madani.

Vristiarum, R. & Ariyanto. (2016). Peningkatan Pemahaman Konsep dalam Pembelajaran Matematika melalui Pendekatan Reciprocal Teaching (Ptk di SMP Muhamadiyah 10 Surakarta Kelas IX Semester Gasal Tahun Ajaran 2015/2016). Prosiding, 268–275.

Widiadnyana, I. W., Sadia, I. W., & Suastra, I. W. (2014). Pengaruh Model Disovery Learning terhadap Pemahaman Konsep IPA dan Sikap Ilmiah Siswa SMP. e-Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, 4.

Widodo, S. A. (2011). Efektivitas Model Pembelajaran Team Accelerated Instruction Pada Siswa Kelas X SMK Tunas Harapan Tahun Pelajaran 2008-2009. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta (Vol. 14).

Widodo, S. A. (2014). Kesalahan dalam Pemecahan Masalah Divergensi pada Mahasiswa Matematika. Jurnal Admathedu, 4(1).

Yeni, E. M. (2011). Pemanfaatan Benda-Benda Manipulatif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Geometri dan Kemampuan Tilikan Ruang Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Prosiding Simantap, 51–69.

Zannah, H., Priatna, D., & Sutini, A. (2016). Pengaruh Pembelajaran Needhan Terhadap Pemahaman Konsep MAtematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal PGSD Kampus Cibiru, 4, 2–11.




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/wa.v3i2.4407

Article Metrics

Sari view : 234 times
PDF - 168 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.