Deskriptif Analitik Kemampuan Pemahaman Matematis Ditinjau dari Keaktifan Belajar Peserta Didik

Nisrina Nur Amalina, Rizqi Amaliyakh Sholikhakh, Ibnu Sina

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman matematis ditinjau dari keaktifan belajar peserta didik melalui model pembelajaran make a match pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar. Penelitian ini dilakukan dengan mengamati keaktifan belajar peserta didik selama mengikuti proses pembelajaran. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan dokumentasi, observasi, tes kemampuan pemahaman matematis, dan wawancara. Analisis yang dilakukan dalam penelitian ini melalui tahap reduksi data, penyajian data, triangulasi, dan simpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik yang mempunyai keaktifan belajar tinggi juga mempunyai kemampuan pemahaman matematis yang tinggi pula, peserta didik yang mempunyai keaktifan belajar sedang juga mempunyai kemampuan pemahaman matematis yang sedang pula, sedangkan peserta didik yang mempunyai keaktifan belajar rendah ada yang berkemampuan pemahaman matematis rendah pula dan ada juga yang justru berkemampuan pemahaman matematis tinggi.


Kata Kunci


Analisis; Kemampuan Pemahaman; Kekatifan Belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dini, M., Nuraeni, N., & Anita, I. W. (2018). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMK Menggunakan Pendekatan Kontekstual Pada Materi SPLTV. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 1(1), 49-54.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard skills dan soft skills matematik siswa. Bandung: Refika Aditama.

Kartana, T. J. (2014). Landasan dan Kontens Pendidikan. Tegal : Badan Penerbit Universitas Pancasakti Tegal.

Lestari, K.E. & Yudhanegara, M.R. 2015. Penelitian Pendidikan




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/wa.v3i2.5271

Article Metrics

Sari view : 94 times
PDF - 43 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.