Penggunaan Metode Demontrasi Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Standar Kompetensi Mengukur Besaran Listrik Rangkaian Elektronika

Oo Sugiarto

Sari


This study aims to improve student learning outcomes on competency standards Mengukur Besaran Listrik Rangkaian Elektronika with the Demonstration method. The research method used was classroom action research with 2 cycles. Each research cycle includes planning, implementing, observing and reflecting. The research subjects used were grade X students of Industrial Electrical Engineering 4 SMK 1 Cirebon. The results showed that the demonstration method used with the media can improve student learning outcomes because it can foster student self-confidence and can increase student understanding of the material being taught. Giving praise to students during learning can motivate students to learn so that student activity in learning increases. Providing guided training to students who have difficulty completing training during teaching and learning activities can increase learning activities of students of Class X Electrical Engineering Industry 4 SMK N 1 Cirebon City.


Kata Kunci


Metode Demontrasi; Hasil Belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Antoro, A. T. (2014). Pengaruh Fasilitas Bengkel dan Peran Guru Dalam Proses Pembelajaran Praktik Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Praktik Pemesinan Siswa Kelas XII Di SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Skripsi. Univesitas Negeri Yogyakarta.

Lutfiah. A. dkk. 1992, Pedoman Penelitian Tindakan Kelas. Padang : Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA IKIP Padang.

Muldayanti, N. D. (2013). Pembelajaran biologi model STAD dan TGT ditinjau dari keingintahuan dan minat belajar siswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1).

Suharsimi., A. 1999. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Tarsito.

Suharsimi, A. 2000. Metode Statistik. Jakarta: Tarsito.

Depdiknas. 2004. Pengembangan Kurikulum dan Panduan Silabus Pembelajaran Jakarta.

Djafar. 2001. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, O, 2003. Kurikulum dalam Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Hudoyo. 1996. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Gramedia.

Ibrahim. 2000. Kiat Mengatasi Kesulitan Belajar. Jakarta: Elex media Kopetindo.

Lestari, W. D., Kusumah, Y. S., & Dewanto, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Proyek. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 2(1), 1-8.

Lie, A. 2002. Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.

Madya. 1994. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta

Purwanto, N. 1991. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Jakarta: Rosdakarya.

Rosyada, D. 2004. Paradigma Pendidikan Demikrasi. Jakarta: Pranada Media.

Sidi, Indra Jati. 2003. Menuju Masyarakat Belajar. Jakarta.

Slameto. 1991, Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rinika Cipta.

Sunadi, L. (2013). Pengaruh motivasi belajar dan pemanfaatan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 1(3).




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/wa.v3i2.5982

Article Metrics

Sari view : 53 times
PDF - 16 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.