Penerapan Lesson Study Pada Mata Kuliah Fungsi Peubah Kompleks

Nurul Ikhsan Karimah, S Setiyani

Sari


Lesson study muncul sebagai salah satu alternatif yang berguna untuk mengatasi masalah praktik pembelajaran yang selama ini dipandang kurang efektif. Tujuan penelitian ini adalah menerapkan lesson study sebagai  model pembinaan yang berkelanjutan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran pada mata kuliah fungsi peubah kompleks. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Adapun instrumen pengumpulan data meliputi lembar observasi dan dokumentasi. Melalui model lesson study diperoleh hasil bahwa adanya peningkatan aktivitas siswa dari setiap siklus. Dalam hal ini, Lesson Study dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif guna mendorong terjadinya perubahan dalam praktik pembelajaran menuju ke arah yang jauh lebih efektif.

Kata Kunci: Lesson Study, Fungsi Peubah Kompleks.


Kata Kunci


Lesson Study, Fungsi Peubah Kompleks.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ainy, C., & Soemantri, S. (2019). Lesson Study Sebagai Sarana Meningkatkan Kemampuan Mengajar Dosen dan Kualitas Pembelajaran dalam Perkuliahan Mata Kuliah Kalkulus I. Jurnal Riset Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 1(2).

Faradyba, S. (2017). Hubungan Kecerdasan Visual-Spasial dan Logis-Matematis dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 6 Labakkang Labschool UNM (Doctoral dissertation, FMIPA).

Irawati, S., & Subaidi, A. (2018). Penerapan Pembelajaran Multirepresentasi Berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Program Linier. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 2(2), 211-223.

Ningsih, S. C. (2013). Implementasi Lesson Study Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajaran Mahasiswa. Prosiding (1).

Murtiani, M., Fauzan, A., & Ratnawulan, R. (2012). Penerapan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) berbasis lesson study dalam meningkatkan kualitas pembelajaran fisika di SMP NEGERI kota Padang. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 1(1).

Prastiti, W. (2016). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) pada Materi Gerak Parabola dan Gerak Melingkar melalui Kegiatan Lesson Study. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1).

Rismawati. (2017). Implementasi Lesson Study Dalam Pembelajaran Matematika. Asian Journal of Environment, History and Heritage. September 2017, Vol. 1, Issue. 1, p. 257-266.

Setiyani, S. (2019). Implementation of comic on linear program material to increase mathematical understanding for students of XI grade senior high school. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1157, No. 3, p. 032083). IOP Publishing.

Subadi, T. (2010). Lesson Study Berbasis PTK (Penelitian Tindakan Kelas).

Sukmadinata, N. S. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Supranoto, H. (2015). Penerapan Lesson Study Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogi Guru Sma Bina Mulya Gadingrejo Tahun Pelajaran 2015/2016. PROMOSI: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, 3(2).

Susanto, H. A., & Susilowati, D. S. (2019). Pemahaman Konsep Grup Melalui Lesson Study Bagi Mahasiswa. PROSIDING SENDIKA, 5(1).

Sholekah, L. M. A., & Waluyo, A. (2017). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau Dari Koneksi Matematis Materi Limit Fungsi. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 1(2).

Trisnayanti, N. K., Sadia, I. W., & Suma, K. (2014). Pengaruh Diklat Berbasis Lesson Study Terhadap Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Sains dan Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri 1 Singaraja. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1).

Yunos, J. M., Rubani, S. N. K., Alias, M., Sumarwati, S., Yunus, F. A. N., Hamid, H., & Rizal, F. (2019). Vocational Pedagogical Decisions Of Malaysian And Indonesian Non-Engineering Tvet Teachers. Journal of Technical Education and Training, 11(3).




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/wa.v3i2.5985

Article Metrics

Sari view : 69 times
PDF - 49 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.