Efektivitas Pembelajaran Think-Talk-Write Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 9 Yogyakarta

Nur Romdlon Maslahul Adi, Esti Harini

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Think-Talk-Write dan instruksi langsung. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII terdiri dari 6 kelas di SMP N 9 Yogyakarta 2014-2015. Sampel dari penelitian ini adalah 2 kelas yaitu kelas kelas eksperimen VIIIF dan VIIIE sebagai kelas kontrol. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan korelasi t-test. Hasil penelitian ini adalah: 1) matematika hasil eksperimen kelas belajar dalam kategori tinggi (x ̅ = 85,59), (2) matematika hasil kelas kontrol belajar dalam kategori tinggi (x ̅ = 81,61), (3) hasil penghitungan menunjukkan bahwa tobs = 4309> ttabel = 2,035. Sehingga penggunaan jenis pembelajaran kooperatif Think-Talk-Write (TTW) model memiliki lebih efektif untuk matematika hasil belajar, dibandingkan dengan penggunaan model pembelajaran konvensional dengan matematika hasil belajar.


Kata Kunci


Think-Talk-Write, Hasil belajar, efektifitas.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dimyati. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Ibrahim dan Suparni. (2008). Strategi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Bidang Akademik UIN Sunan Kalijaga

Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sagala, S. (2013). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Suyono dan Hariyanto. (2012). . Belajar dan Pembelajaran; Teori dan Konsep Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Yamin, M., dan Ansari, B. I. (2012). Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta: Referensi (GP Press Group).

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/wa.v1i1.996

Article Metrics

Sari view : 220 times
PDF - 398 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.